Tekno

[REVIEW] Vivo V15 Pro: Jawaban Terbaik Untuk Pecinta Kamera

Febi Prilaksono | 08 April 2019 - 17:11
[REVIEW] Vivo V15 Pro: Jawaban Terbaik Untuk Pecinta Kamera

Perpaduan kamera pop-up 32MP dengan tiga kamera belakang beresolusi 48MP + 8MP dan 5MP adalah sesuatu yang sangat sulit ditandingi untuk kelas smartphone Rp 5 jutaan.

Geeq.id, Jakarta – Pengembangan pada kamera seperti menjadi formula agar ponsel bisa laris, terutama di pasar Indonesia. Pasalnya, permintaan terhadap ponsel dengan kamera yang bagus terus-menerus berdatangan dan direspon dengan baik oleh beberapa vendor. Saking baiknya, Vendor dari Negeri Tirai Bambu membawa smartphone dengan teknologi kamera yang nggak main-main, yaitu kamera pop-up 32MP dengan tiga kamera belakang beresolusi 48MP + 8MP + 5MP.

Yeap, vendor ini adalah Vivo yang baru aja merilis ponsel terbarunya, Vivo V15 Pro. Namun, apa iya Vivo V15 Pro cuma mengandalkan kamera doang? Kalau mau tau jawabannya, simak ulasan Geeqy berikut ini ya, Geeqs.

Unboxing

Kalau dilihat-lihat, kotak V15 Pro ini sekilas mirip dengan V15 biasa dengan embel-embel Pro. Ya emang mirip sih, paling bedanya ada gambar in-display fingerprint aja sekarang di bagian depan ponsel. Namun, Geeqy ngerasa perlu buat nyebutin apa aja yang ada di dalam kotak kardus ini, karena Vivo adalah salah satu brand yang jeroan di dalam kardusnya lumayan banyak, Geeqs.

Untuk setiap pembelian Vio V15 Pro, lo secara otomatis akan mendapatkan standar produk seperti ini:

  • Vivo V15 Pro
  • Charger
  • Kabel Micro USB
  • Earphone
  • Sim Ejector
  • Kartu Garansi
  • Panduan Ringkas
  • Case pelindung

Yeap, lo gak salah liat, baik Vivo V15 maupun V15 Pro emang udah tersedia earphone. Selain itu, case pelindung dari V15 Pro cukup unik dibanding case dari vendor-vendor lain. Alih-alih jelly case dengan warna transparan, Vivo V15 justru disertakan dengan case yang lumayan tambun dengan sisi-sisi berwarna hitam.

Body Tour

Punya dimensi 157.3 x 74.7 x 8.2 mm, dengan berat 185 gram, Vivo V15 Pro nggak mungkin bisa dikategorikan sebagai smartphone yang kecil. Namun, Vivo bisa mengakali ini dengan tepian melengkung yang membuat V15 Pro cukup nyaman untuk digenggam. Opini Geeqy pribadi, V15 Pro terasa sekel untuk digenggam, nggak kekecilan, dan nggak kegedan yang brutal juga.

Di bagian depan, dengan layar 6,41 inci, Vivo V15 Pro memiliki tampilan yang terbilang modern dan futuristik. Layar terpampang dengan sangat bersih, tanpa poni, atau tompel yang biasanya difungsikan sebagai wadah untuk menaruh kamera depan dan sensor lainnya. Sebagai pengganti dari poni dan tompel itu, V15 Pro ditanam modul kamera pop-up beresolusi 32MP. Layar yang bersih dan pure bezel-less ini menurut Geeqy adalah keberhasilan Vivo dalam memulai trend smartphone 2019.

 Pada bagian punggung, mungkin secara kasat mata nggak ada perbedaan cukup signifikan antara Vivo V15 Pro dengan saudaranya, Vivo V15. Tiga modul kamera yang terletak di bagian kiri atas dan dikemas berjajar ke atas dengan dudukan khusus membuat kesan premium pada bodi belakang dan tentunya membuat kamera lebih aman. Ditambah pindahnya fingerprint ke bagian layar, membuat bodi belakang terlihat lebih bersih.

Sayangnya, walaupun terlihat premium, ketika bodi belakangnya diketok, ternyata bodi belakangnya hanya menggunakan polycarbonate alias plastik. Makanya, dari pada terjadi hal-hal yang nggak diinginkan, Geeqy saranin pakein casing tambahan deh kalo pakai ponsel ini untuk kebutuhan harian.

Selain itu, yang berbeda dengan Vivo V15 adalah sim tray yang terpisah dengan SD card tray. Sim tray sendiri berada di bagian bawah smartphone yang ditemani dengan speaker dan port USB yang sayangnya belum menggunakan USB type-C. Lalu di bagian kiri atas ada SD card tray ditambah adanya tombol khusus untuk mengakses Google Assistant. Di bagian kanan sendiri ada tombol volume dan juga tombol power, lalu di bagian atas ada port headphone jack dan juga pop-up selfie camera.

Urusan layarnya sendiri memang berbeda banget dengan versi regulernya yang menggunakan IPS LCD, karena Vivo V15 Pro udah menggunakan layar Super AMOLED yang tajam dan tone warnanya juga sangat hidup.  Anehnya, walaupun lebih mahal, tapi layar Vivo V15 Pro nggak dilindungi dengan Corning Gorilla Glass kayak versi regulernya. Makanya, jangan coba-coba nggak pasang pelindung kaca di ponsel ini kalo layarnya nggak mau baret-baret.

OS dan Fitur

Seperti jajaran smartphone Vivo lainnya, V15 Pro juga menggunakan user interface FunTouch OS 9.0 yang telah mengadaptasi sistem operasi Android 9.0 Pie. Dengan tampilan yang terkesan lebih pastel, pastinya membuat interface dari ponsel ini sangat-sangat memanjakan mata. Namun tentunya tone warna ini agak bersebrangan dengan desain smartphone-nya yang mengadaptasi warna gradasi yang lebih glosi dan mencolok.

Untuk urusan fiturnya sendiri, FunTouch OS 9.0 menawarkan banyak fitur-fitur yang mendukung aktifitas harian pengguna. Kita ambil contoh aja fitur Smart motion, Smart split, One-handed mode, dan fitur khusus pengendara motor. Mungkin fitur-fitur ini nggak banyak perbedaan dengan Vivo V15 versi reguler, yang berbeda adalah adanya tombol khusus Google Assistant yang ada di bagian kiri bodi smartphone.

Hadirnya fingerprint di balik layar juga bisa dibilang menjadi nilai tambah untuk Vivo V15 Pro ini. Karena, kalau melirik ke kompetitor-kompetitornya, sekarang smartphone kelas menengah memang udah mengadaptasi fingerprint di balik layar. Apa lagi fingerprint-nya V15 Pro ini udah sangat presisi dan cepet. Kalopun terasa kurang presisi, pengguna tinggal tambahin opsi add fingerprint dengan jari yang sama aja.

Lalu ada juga fitur khusus yang tersemat di bagian kamera, yaitu sistem artificial intillegence (AI) yang mereka sebut sebagai Jovi Image Recognizer. Dipadukan dengan kamera utama berukuran 48MP membuat hasil gambar yang dihasilkan menjadi lebih epic. Bagian kamera sendiri akan dibahas lebih mendalam di bawah ya Geeqs.

Yang disayangkan, setelah Geeqy ubek-ubek, Geeqy nggak menemukan adanya fitur equalizer untuk mengatur kualitas suara yang diinginkan. Padahal speaker Vivo V15 Pro sendiri udah keren banget dengan detail-detail bass, treble dan vocal yang detail, walaupun volume-nya sendiri memang kenceng dibandingkan dengan beberapa smartphone lainnya.

Udah gitu, yang Geeqy nggak suka dari FunTouch OS adalah selalu mempunyai bloatware alias aplikasi bawaan yang banyak banget. Ya, sekali lagi Geeqy ucapin, banyak banget. Ini bener-bener sia-sia, karena aplikasi bawaannya sendiri jarang Geeqy gunain. Walaupun dihapus dengan trik khusus, namun hal ini cukup mengganggu dan bikin kerjaan aja, kan?

Nggak cuma itu,  Vivo V15 Pro juga masih nggak punya fitur NFC kayak versi regulernya. Pas Geeqy tanya ke orang Vivo-nya, mereka menyebutkan karena di Indonesia pengguna NFC masih sedikit banget. Mungkin dari pernyataan itu bisa jadi benar untuk sekarang ini. Namun, untuk 2-3 tahun kedepan, mungkin ponsel ini bakal kurang cocok buat pengguna di Indonesia. Karena dilihat dari perkembangan teknologi di Indonesia, pembayaran non tunai udah mulai efektif, seperti untuk pembayaran tol, penggunaan transportasi umum, bahkan pembayaran parkir pun udah menggunakan uang elektronik.

Performa dan Baterai

Smartphone Vivo V15 Pro yang Geeqy pakai sekarang ini adalah yang versi RAM 6GB dengan internal 128GB. Memang sih, ada versi dengan pilihan RAM 8GB dengan internal yang juga 128GB, tapi menurut Geeqy sih pilihan RAM 6GB udah sangat cukup memadai buat penggunaan sehari-hari seperti untuk chatting, sosial media, nonton Youtube dan kebutuhan lainnya.

Mungkin banyak yang bertanya-tanya kenapa Vivo V15 Pro masih menggunakan chipset Snapdragon seri 6xx. Memang sih, untuk smartphone seharga 5 jutaan, ada pilihan smartphone yang malahan udah menggunakan chipset Snapdragon 845. Namun dibandingkan dengan fitur-fitur yang ada dan desain yang disuguhkan, Vivo V15 Pro masih tetap juara. Apa lagi chipset Snapdragon 675 yang digunakan oleh ponsel ini udah mendukung kamera dengan resolusi besar yang tersemat di ponsel ini, yaitu 48MP.

Mungkin hal inilah yang juga menjadi pertimbangan kenapa Vivo akhirnya menggunakan chipset Snapdragon 675 dengan fabrikasi 11nm dibandingkan dengan chipset Snapdragon 710 ataupun 712 yang sudah fabrikasi 10nm namun hanya support kamera beresolusi 32MP. Lagi pula, beberapa tes benchmark dilakukan dengan beberapa smartphone, dan Snapdragon 675 memiliki skor lebih baik, tentunya dengan dukungan beberapa spesifikasi pendukung di smartphone tersebut.

Buktinya, pas dites main PUBG, game bisa berjalan lancar dengan framerate yang tinggi. Namun, ponsel ini hanya mendukung setting-an grafik sampai HD aja Geeqs. Tetep sih, nggak terlalu banyak ngaruh kecuali lo adalah pecinta game dengan grafik sangat realistis. Ya kalo kayak gitu, mending main game di PC dengan spek dewa aja, jangan di ponsel.

Urusan baterainya, bisa dibilang Vivo V15 Pro itu macem pakai obat kuat. Soalnya pas dicoba mainin game PUBG Mobile, ponsel ini kuat buat dapetin 6-8 winner-winner chicken dinner secara non-stop, itu pun kalo pengguna ponsel ini jago kayak Geeqy ya.

Selain itu, ponsel ini juga didukung fitur fast charging 18W yang pastinya membuat pengisian dayanya super cepet. Ketika dicoba, Vivo V15 Pro hanya butuh sekitar 1 jam 40 menitan aja buat isi dari baterai kosong sampai 100%. Udah baterainya tahan lama kayak pakai obat kuat, udah gitu ngisinya cepet lagi. Bisa main beronde-ronde deh nih.

Kamera

Beralih ke bagian kamera yang menjadi senjata utama ponsel ini, Vivo V15 Pro menggunakan modul AI Triple Camera pada bagian belakang alias utamanya. Yang membuatnya berbeda dengan versi reguler, kamera utama ponsel ini menggunakan kamera berukuran 48MP dengan diafragma f/1.8, 8MP ultrawide, dan 5MP depth sensor.

Ketika dicoba untuk mengambil gambar, hasilnya gambar terlihat lebih tajam dan tone warnanya lebih kaya. Apa lagi dengan adanya dua kamera tambahan membuat kamera utamanya bisa lebih dioptimalkan, seperti mengambil gambar yang lebih luas dan depth of Field (DoF alias bokeh) yang terlihat lebih natural dengan adanya lensa-lensa dedicated untuk pengambilan foto wide dan juga bokeh.

Lalu ke bagian kamera depannya, Vivo V15 Pro juga memiliki kamera depan ngumpet yang akan muncul dengan cara pop-up. Sebenernya nggak ada perbedaan pada kamera depan ponsel ini dengan versi regulernya, yaitu sama-sama memiliki lensa berukuran 32MP dan fitur-fitur yang dapat mempercantik penggunanya.

Tanpa efek apa-apa

Dengan efek

Nggak tanggung-tanggung, pada aplikasi kamera bawaannya Vivo V15 Pro terdapat 13 opsi pengaturan pada fitur AI Beauty, mulai dari ngehalusin wajah, meniruskan pipi, mengatur lebar dahi, sampai bisa mengatur tinggi badan dan lebar badan. Jadi buat pengguna yang badannya agak jumbo, bisa dibuat lebih ramping lewat kamera ponsel ini. Hasilnya pun cukup natural buat seseorang yang kurang jeli ketika melihat hasil jepretannya.

Sebelum diet

Sesudah Diet

Di aplikasi kamera Vivo V15 Pro juga terdapat mode malam yang sesuai namanya, berguna untuk pemotretan di tempat yang gelap. Hasil jepretannya pun sangat apik, berterima kasihlah dengan lensa kamera utama ponsel ini yang berukuran 48MP, membuat hasil jepretan pada mode ini lebih minim noise alias bintik-bintik mengganggu.

Apa lagi fitur artificial intelegence (AI) juga sangat membantu dalam pengambilan gambar. Bisa dibilang untuk smartphone kelas menengah, kamera Vivo V15 Pro adalah juaranya yang juga kaya dengan fitur-fitur andalan. Pastinya, hasil foto dari ponsel ini nggak bakal malu-maluin pas di-posting di sosial media.

Kesimpulan

Pros

  • Paket lengkap, dapet casing dan juga earphone di setiap pembeliannya
  • Layar yang lebar tanpa poni dan bening karena menggunakan Super AMOLED
  • Udah Android 9.0 Pie
  • Bener-bener bisa dual-sim plus SD card
  • Performa di atas rata-rata smartphone kelas menengah
  • Baterai yang cukup awet
  • Fast charging 18W
  • Kamera utama dengan ukuran lensa yang besar, yaitu 48MP
  • Fitur Beauty yang beragam
  • Desain anti mainstream dan terkesan premium
  • In-display fingerprint

Cons

  • Belum USB Type-C
  • Nggak ada NFC
  • Bodi masih polycarbonate
  • Bloatware yang banyak

Untuk smartphone seharga Rp 5,7 juta kurang seribu, Vivo V15 Pro mungkin bisa dibilang salah satu yang terbaik untuk urusan kameranya. Kamera pada ponsel ini bisa diandalkan dalam segala keadaan, baik dengan pencahayaan yang cukup ataupun kurang. Jadi buat lo yang males bawa-bawa kamera kemana-mana, ponsel ini bisa dibilang cukup layak untuk menggantikan kamera DSLR ataupun mirrorless dengan harga cuma 5 jutaan. Udah gitu kaya akan fitur-fitur yang dapat menyokong aktivitas keseharian lo juga pula. Beli atau nggak? Semua kembali ke kebutuhan masing-masing ya Geeqs.

8.3

Nilai Keseluruhan
Design
9.0
Features
8.0
Performance
8.0
Film & TV

Iron Man: 8 Menit Terakhir Dalam Avengers: Endgame Terbaik di MCU

Arya Despratama | 2 jam yang lalu
Iron Man: 8 Menit Terakhir Dalam Avengers: Endgame Terbaik di MCU

Sehari jelang penayangan Avengers: Endgame, pemeran Iron Man dalam Marvel Cinematic Universe punya sedikit gambaran soal ceritanya nih. Sebelum nonton filmnya, simak dulu pernyataannya berikut ini.

Geeq.id, Jakarta – Demam Avengers: Endgame akan segera memuncak di Indonesia pada 24 April 2019 besok. Salah satu pentolan Avengers, Tony Stark a.k.a. Iron Man, yang diperankan oleh Robert Downey Jr. baru aja membocorkan sedikit seputar filmnya nih.

Dalam wawancara dengan The Upcoming, yang dilansir dari Geektyrant, Downey seakan bikin para fans makin penasaran dengan cerita filmnya. Seperti kita ketahui, Endgame akan menjadi saga penutup dari 22 film MCU.

Aktor berusia 54 tahun tersebut membocorkan kalo delapan menit terakhir dalam filmnya merupakan yang terbaik sepanjang sejarah MCU. Downey mengatakan,

“Delapan menit terakhir di Avengers: Endgame mungkin delapan menit terbaik sepanjang sejarah dari seluruh perjalanan mereka. Hal ini dikarenakan semua karakter terlibat.”

Film garapan Russo bersaudara ini akan dibintangi oleh Chris Evans (Captain America), Robert Downey Jr. (Iron Man), Chris Hemsworth (Thor), Mark Ruffalo (Hulk), Scarlett Johansson (Black Widow), Jeremy Renner (Hawkeye), Paul Rudd (Ant-Man), Don Cheadle (War Machine), Brie Larson (Captain Marvel), Danai Gurira (Okoye), Bradley Cooper (Rocket Raccoon), Karen Gillan (Nebula), dan Josh Brolin (Thanos).

Nah, kalo menurut lo apa nih yang bakal terjadi di delapan menit terakhir Avengers: Endgame, Geeqs? Jangan spoiler kalo udah nonton filmnya ya!

Subscribe to our newsletter

CONNECT WITH US

Tekno

Layarnya Bermasalah, Galaxy Fold Ditunda Peluncurannya

Febi Prilaksono | 2 jam yang lalu
Layarnya Bermasalah, Galaxy Fold Ditunda Peluncurannya

Beberapa waktu yang lalu beberapa reviewer smartphone melaporkan kalo unit Galaxy Fold yang diberikan oleh Samsung bermasalah di bagian layar, bahkan di pemakaian hari pertama. Sekarang Samsung secara resmi menunda peluncuran smartphone ini.

Geeq.id, Jakarta - Buat lo anak sultan dan berniat untuk membeli smartphone lipat pertamanya Samsung, Galaxy Fold mungkin lo harus mengurungkan niat lo dalam waktu deket ini. Soalnya smartphone dengan harga Rp 30 jutaan ini ditunda peluncurannya karena permasalahan pada bagian layarnya dari yang seharusnya diluncurkan pada tanggal 26 April nanti.

Pihak Samsung sendiri mengakui penundaan peluncuran smartphone ini dikarenakan permasalahan pada bagian layarnya yang ditemukan oleh beberapa reviewer. Setelah digunakan sehari, banyak reviewer yang melaporkan kalo Galaxy Fold-nya mengalami masalah pada bagian layarnya, bahkan layarnya sampai mati.

Dilansir dari Digital Journal, pihak Samsung mengungkapkan kalo permasalahan pada layar Galaxy Fold dikarenakan karena dampak dari bagian atas dan bawah engselnya. Nggak cuma itu, pihak Samsung juga akan memberikan panduan untuk perawatan dan penggunaan layar smartphone ini dalam paket penjualannya.

Emang sih, beberapa reviewer mengungkapkan kalo Galaxy Fold-nya rusak sesaat setelah mereka membuka pelindung layar smartphone ini. Padahal Samsung sendiri memang nggak memperbolehkan pelindung layarnya untuk dibuka. Makanya, sebuah kesalahan bagi Samsung untuk nggak menyertakan panduan perawatan dan penggunaan smartphone ini dalam paket penjualannya.

Pihak Samsung sendiri berencana akan mengumumkan tanggal rilis baru buat Galaxy Fold dalam beberapa minggu kedepan. Ya, kalo bisa sih nggak usah buru-buru banget sih, dari pada malah nanti belom bener tapi udah keburu dibeli sama orang-orang.

Perusahaan asal Korea Selatan ini emang kayaknya udah keburu ngebet buat ngerilis Galaxy Fold lantaran butuh waktu 8 tahun buat mereka mendevelop smartphone ini. Apakah Galaxy Fold bakal jadi penerus Galaxy Note 7 yang kudu ditarik gara-gara ada masalah? Hmmm, semoga aja nggak deh ya.

Tekno

CIA Bakal Punya Akun Instagram, Buat Apa??

Febi Prilaksono | 2 jam yang lalu
CIA Bakal Punya Akun Instagram, Buat Apa??

Badan intelejen seharusnya lekat dengan kerahasiaan dan selalu tertutup oleh publik. Namun ada yang aneh dengan badan intelejen Amerika Serikat, CIA (Central Intelligence Agency) yang malah berniat membuat akun Instagram. Terus buat apa?

Geeq.id, Jakarta - Sebagai badan intelejen, seharusnya mereka menjaga kerahasiaan mereka, bahkan identitas dari masing-masing anggotanya. Namun kayaknya ini nggak berlaku bagi badan intelejen Amerika Serikat, yaitu CIA (Central Intelligence Agency) yang malah mau membuat akun Instagram untuk publik.

Kabar ini sendiri keluar dari Direktur CIA Gina Haspel lewat pengumuman dalam forum tentang keamanan nasional di Auburn University. Dilansir dari Mashable, Haspel lewat akun Instagram-nya CIA nanti, mereka pengen lebih transparan ke publik tentang kegiatan mereka.

Nggak tanggung-tanggung, dalam forum tersebut CIA juga mendiskusikan tentang rekrutmen untuk mengisi pekerjaan memegang akun Instagram CIA. Disebutkan yang bisa mengisi lowongan pekerjaan ini adalah mereka yang paham tentang sosial media.

Walaupun udah mengungumkan kalo CIA bakal punya Insatgram, Haspel juga mengakui kalo mereka sebenernya nggak mau mengumbar banyak data-datanya. Dia juga meyakinkan kalo mereka akan sangat berhati-hati dalam memposting di akun sosial medianya.

Sebenarnya sosial media bukanlah hal yang baru bagi CIA, karena mereka juga punya akun Twitter dengan 2,5 juta follower. Namun akun tersebut lebih ke arah memberikan informasi mengenai sejarah-sejarah CIA dan juga memposting lowongan pekerjaan untuk agen intelejen baru bagi mereka.

Sayangnya sampai sekarang belum tau untuk apa akun Instagram milik CIA, apakah akan seperti akun Twitter mereka atau yang lain. Namun karena Instagram adalah sosial media berbasis gambar, mungkin sosial media ini akan lebih sensitif ketimbang Twitter yang berbasis teks. Ya kita liat aja nanti deh ya, Geeqs!

Film & TV

Russo Bersaudara Ungkap Aktor yang Dapat Naskah Lengkap Avengers: Endgame

Arya Despratama | 2 jam yang lalu
Russo Bersaudara Ungkap Aktor yang Dapat Naskah Lengkap Avengers: Endgame

Kalo Tom Holland dan Mark Ruffalo gak dipercaya buat megang naskah lengkap Avengers: Endgame. Dua aktor ini justru malah mendapat kepercayaan untuk menjaga rahasia dengan diberikan skrip lengkap filmnya. Siapa mereka? Yuk, simak di bawah sini.

Geeq.id, Jakarta – Beberapa aktor dalam Marvel Cinematic Universe dikenal sebagai tukang spoiler. Sebut aja pemeran Peter Parker a.k.a. Spider-Man, Tom Holland, dan Bruce Banner alias Hulk, Mark Ruffalo, yang kerap membocorkan tiap film MCU yang dibintanginya. Gak heran kalo mereka gak dipercaya buat megang naskah lengkap Avengers: Endgame.

Namun, ada juga beberapa aktor yang dipercaya oleh Russo bersaudara buat membaca skrip lengkap Avengers: Endgame, Geeqs. Mereka adalah Robert Downey Jr. pemeran Tony Stark a.k.a. Iron Man dan Chris Evans alias Captain America. Dalam wawancara dengan Rotten Tomatoes, yang dilansir dari Geektyrant, Joe Russo mengatakan,

“Robert Downey Jr. mungkin satu-satunya aktor yang telah membaca seluruh naskahnya. Saya rasa Benedict Cumberbatch hanya mendapatkan skrip bagiannya. Chris Evans kemungkinan sudah membaca seluruh naskahnya.”

Gak heran kalo keduanya telah dipercaya untuk mendapatkan naskah lengkap Avengers: Endgame. Pasalnya, mereka merupakan aktor profesional dan udah lama bekerja sama dengan Marvel Studios. Apalagi baik Downey dan Evans sama-sama belum pernah menebar spoiler dari film-film yang dibintanginya.

Lebih lanjut, Joe menambahkan kalo di film puncak MCU ini bakal lebih banyak kejutan dibanding Infinity War. Ia berkata.

“Kami telah sampai sejauh ini, terutama dengan Endgame. Ada lebih banyak rahasia di Endgame dibanding di Infinity War.”

Avengers: Endgame akan dibintangi oleh Chris Evans (Captain America), Robert Downey Jr. (Iron Man), Chris Hemsworth (Thor), Mark Ruffalo (Hulk), Scarlett Johansson (Black Widow), Jeremy Renner (Hawkeye), Paul Rudd (Ant-Man), Don Cheadle (War Machine), Brie Larson (Captain Marvel), Danai Gurira (Okoye), Bradley Cooper (Rocket Raccoon), Karen Gillan (Nebula), dan Josh Brolin (Thanos).

Berita Pilihan

Setelah Aksi Terorisme, Beredar Video Patung Bunda Maria yang Menangis di Sri Lanka

Febi Prilaksono | 2 jam yang lalu
Setelah Aksi Terorisme, Beredar Video Patung Bunda Maria yang Menangis di Sri Lanka

Pada hari Minggu, 21 April 2019 yang lalu, dunia dibuat berduka karena terjadi aksi terorisme di Sri Lanka yang mengakibatkan ratusan korban, baik yang tewas maupun luka-luka. Setelah aksi tersebut, terjadi sebuah fenomena aneh dimana patung Bunda Maria terlihat menangis. Benarkah demikian?

Geeq.id, Jakarta - Beberapa hari yang lalu, tepatnya tanggal 21 April 2019 terjadi aksi biadab dimana para teroris melancarkan aksinya di Sri Lanka dengan mengebom di beberapa lokasi. Sontak dunia pun berduka karena aksi tersebut menyebabkan ratusan korban, baik korban jiwa maupun luka-luka.

Setelah kejadian tersebut beredar video yang memperlihatkan sebuah patung Bunda Maria menangis dan disebut-sebut terjadi di Sri Lanka tepat setelah kejadian terorisme di sana. Sayangnya dari video tersebut nggak bisa dipastikan apakah benar itu terjadi di Sri Lanka dan benarkah ini sebuah pertanda atau hanya sekedar hoax belaka.

Inilah videonya:

Sebenarnya kejadian patung Bunda Maria yang menangis bukanlah kali pertama terjadi. Sebelumnya sebuah fenomena patung Bunda Maria yang menangis juga pernah terjadi di Amerika Serikat, tepatnya di Gereja Our Lady of Guadalupe di Hobbs, New Mexico. Bahkan bukan nangis air biasa melainkan mengeluarkan minyak zaitun yang bercampur dengan wewangian.

Patung yang terbuat dari perunggu tersebut awalnya terlihat meneteskan air mata pada bulan Mei 2018 yang lalu. Bahkan hal ini menjadi perhatian khusus dan udah diinvestigasi oleh Keuskupan Las Cruces. Mereka menyebutkan bahwa air yang keluar dari patung Bunda Maria tersebut mirip dengan minyak yang digunakan untuk membaptis warga.

Kembali ke patung Bunda Maria di Sri Lanka, kebenaran tentang video tersebut masih abu-abu dan masih terus diselidiki kebenarannya, apakah benar ini terjadi di Sri Lanka dan apakah ini benar fenomena alam atau hanya buatan manusia aja. Kita tunggu aja kebenaran dari fenomena ini ya Geeqs.

Terlepas dari fenomena patung Bunda Maria yang menangis di Sri Lanka, segenap tim Geeqy berbelasungkawa yang sedalam-dalamnya dengan aksi terorisme yang terjadi di sana. Semoga seluruh warga Sri Lanka bisa tegar dan dapat melewati kejadian ini dengan kuat. Yuk, semuanya ikut berdoa buat warga Sri Lanka.

 

Berita Pilihan

Hormat Setinggi-tingginya, Inilah Para Polisi yang Bertaruh Nyawa Mengawal Pemilu 2019

Febi Prilaksono | 2 jam yang lalu
Hormat Setinggi-tingginya, Inilah Para Polisi yang Bertaruh Nyawa Mengawal Pemilu 2019

Pemilu serentak 2019 memang berjalan dengan sukses, bahkan berhasil menjadi sorotan dunia. Namun dibalik kesuksesannya ini, ternyata menyimpan kisah haru dimana banyak petugas yang bertaruh nyawa. 

Geeq.id, Jakarta - Sebagai warga negara Indonesia, kita patutlah bangga dengan suksesnya Pemilu serentak 2019 ini. Bahkan Pemilu 2019 ini menjadi sorotan dunia sebagai pesta demokrasi paling besar dan sukses, bahkan majalah The Economist menyebutkan kalo Pemilu 2019 ini adalah pemilihan umum terbesar dalam sejarah dunia.

Namun dibalik suksesnya Pemilu 2019 dan sorotan media internasional, ternyata tersimpan kepiluan di baliknya. Karena banyak panitia, pengawas, polisi, dan TNI yang terlibat di Pemilu 2019 ini yang harus bertaruh nyawa agar pesta demokrasi 5 tahunan di Indonesia ini dapat berjalan dengan sukses.

Sampai artikel ini ditulis, Geeqy memantau ada sekitar 91 petugas Pemilu yang meninggal dan 364 lainnya menderita sakit. Kali ini Geeqy akan membagikan beberapa petugas yang bertaruh nyawa dalam menyukseskan Pemilu 2019 ini:

1. Aiptu M. Saepudin

Salah satu personil Polsek Cileunyi, Aiptu M. Saepudin menghembuskan nafas terakhirnya di RS Ujung Berung Bandung pada Rabu (17/4) sekitar pukul 09.20. Beliau diduga kelelahan karena sebelumnya harus mengawal kotak suara. Sebelumnya beliau juga mengeluh sempat sesak nafas sampai akhirnya dibawa ke rumah sakit oleh rekannya dan disanalah beliau menghembuskan nafas terakhirnya.

2. Aiptu M. Supri

Airptu M. Supri adalah seorang anggota kepolisian dari Polsek Krian, Sidoarjo yang meninggal dunia saat melaksanakan pengamanan TPS 21-25 di Desa Bareng Krajan, Kecamatan Krian, Sidoarjo pada Pemilu 2019 yang silam. Saat perhitungan surat suara beliau tiba-tiba jatuh pingsan dan langsung dibawa ke Puskesmas Krian dan dirujuk ke RS. Bhayangkara Pusdik Gasum Porong. Sayang, setelah diberikan perawatan, nyawa beliau nggak bisa tertolong pada jam 20.00.

3. AKP Suratno

Kabar duka datang pula dari salah satu personel Polda Kaltim bernama AKP Suratno. Ketika menjalankan tugasnya menjadi personil siaga atau standby di Mako Polda Kaltim, beliau harus kehilangan nyawanya ketika hendak berwudhu di Masjid Al Ikhlas Polda Kaltim dan nggak sadarkan diri. Beliau langsung dibawa ke RS Kanudjoso Balikpapan namun nyawanya nggak tertolong.

4. Aipda Stefanus Pekawuli

Aggota Polres Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), Aipda Stefanus Pekawuli turut kehilangan nyawanya ketika sedang menjalankan tugas untuk mengawal kelancaran Pemilu 2019 di wilayah setempat. Beliau mengalami kecelakaan lalu lintas maut pukul 05.30 WITA di Jalan Timor Raya Kilometer 20, Desa Oebelo, Kecamatan Kupang Timur, Kabupaten Kupang.

5. Brigadir Arif Mustakim

Anggota Brimob Cikarang Polda Metro Jaya, Brigadir Arif Mustakim meninggal pada hari Jumat karena kelelahan ketika mengawal Pemilu 2019. Beliau sudah dibawa ke rumah sakit, namun nasib berkata lain.

6. Ipda Paulus Kenden

Kabar duka juga menyelimuti Polres Tana Toraj. Seorang anggota KBO Satuan Binmas, Ipda Paulus Kenden meninggal dunia akibat kecelakaan lalu lintas saat bertugas menjalankan pengemanan Pemilu 2019. Beliau dikabarkan meninggal dunia pukul 14.00 waktu setempat.

7. Brigjen Pol Syaiful Zachri

Brigjen Pol Syaiful Zachri selaku ketua Tim Pamatwil NTT meninggal dunia saat bertugas memantau pengamanan Pemilu 2019 di Labuan Bajo. Salah satu petinggi kepolisian itu meninggal dunia diduga akibat serangan jantung pada Jumat (19/4).

8. Aiptu Jonter Siringo-Ringo

Seorang anggota dari Satuan Reserse dan Kriminal Polres Dairi, Aiptu Jonter Siringo-Ringo gugur karena serangan jantung setelah mengawal KPPS untuk diserahkan ke PKK pada Kamis (18/4). Beliau sempat mengeluhkan dadanya sesak, lalu ketika dibawa ke rumah sakit namun nggak lama berselang beliau pun meninggal dunia.

9. Bripka Mashadi

Bripka Mashadi yang adalah seorang anggota Satreskim Polres Indramayu meninggal dunia akibat mengalami kecelakaan saat mau mengecek salah satu TPS. Beliau mengalami kecelakaan mobil yang ia kendarai ketika di jalan sekitar Kecamatan Widasari, Kabupaten Indramayu.

10. Brigadir Arie Adrian Winatha

Salah satu personel Polda Kalsel, Brigadir Arie Adrian Winatha juga menjadi salah satu anggota kepolisian yang gugur ketika selesai mengamankan TPS di wilayah Polres Hulu Sungai Utara. Disebutkan penyebab beliau meninggal dunia karena kelelahan mengawal Pemilu di TPS setempat.

11. Ipda Totok Sudarto

Setelah mengawal Pemilu 2019, Ipda Totok Sudarto juga harus mengamankan Gereja pada Hari Paskah mungkin membuatnya sangat kelelahan. Beliau ditemukan meninggal di dalam rumahnya oleh anggota Polres Berau ketika Ipda Totok nggak hadir dalam apel pagi pada hari Sabtu (20/4)

12. Aiptu Daniel Mota

Polres Belu berduka karena salah satu anggotanya Aiptu Daniel Mota meninggal dunia usai menjalankan tugasnya ketika menjalankan tugasnya memantau Pemilu 2019 di Polsek Kakuluk Mesak. Beliau diduga terkena serangan jantung di tempatnya bekerja.

13. Bripka Yustinus Petrus Mangge

Kabar duka datang kembali dari Polda NTT karena salah satu anggotanya yaitu Bripka Yustinus Petrus Mangge harus kehilangan nyawanya. Beliau meninggal dunia karena tertimpa pohon  ketika mengawasi kampanye Pemilu 2019 pada Sabtu (16/3) untuk salah seorang Caleg DPRD Kabupaten Enda, Desa Boafeo, Kecamatan Maukaro.

14. Bripka Ikhwanul Muslimin

Anggota Polres Tengah, Bripka Ikhwanul Muslimin juga harus merelakan nyawanya ketika menjaga TPS di Nusa Tenggara Barat. Bilau diduga kelelahan ketika mengawal Pemilu tetap berjalan lancar di tempat ia bertugas.

15. Brigadir Prima Leion Nurman Sasono

Anggota Polsek Cerme, Polres Bondowoso, Brigadir Prima Leion Nurman Sasono juga menjadi salah satu petugas kepolisian yang meninggal dunia ketika mengawal Pemilu 2019. Beliau gugur karena kecelakaan lalu lintas saat perjalanan menuju TPS tempat ia bertugas.

Kesimpulan

Inilah daftar 15 anggota polisi dari seluruh Indonesia yang gugur dalam menjalankan tugasnya untuk mengawal kesuksesan Pemilu serentak 2019 ini. Geeqy beserta tim turut berbelasungkawa sedalam-dalamnya untuk para petugas Pemilu 2019 yang gugur dalam menjalankan tugasnya.

Tekno

Jangan Diikutin! 5 Tipe Password Ini Gampang Kena Hack

Andhika Dwi Putra | 2 jam yang lalu
Jangan Diikutin! 5 Tipe Password Ini Gampang Kena Hack

Di zaman yang serba terintegrasi sama sosial media, menjaga keamanan sosial media jadi suatu hal yang penting. Apalagi bila menyangkut e-mail, Facebook, Twitter, atau Instagram yang sifatnya pribadi. Namun sayangnya, masih banyak orang-orang yang meremehkan keamanan media sosial mereka, dan berujung terkena hack.

Geeq.id, Jakarta - Di dalam dunia peretasan, ada teknik yang dinamakan brute force. Teknik ini biasa dipakai oleh hacker kerajinan yang mencoba semua jenis password dari paling gampang ke yang paling susah, entah itu manual atau juga pakai software. Biasanya, baru mencoba sampai 50 kali aja, hacker-hacker ini sudah bisa membobol password lo karena terlalu mudah lho, Geeqs.

Oleh karena itu, pemilihan password sangat penting. Mengingat dengan kata-kata di dalam password, orang udah bisa mengakses banyak data-data pribadi kamu yang seharusnya orang tidak tahu. Nah, di sini Geeqy mau kasih peringatan keras untuk jangan pernah mencoba tipe-tipe password seperti ini untuk dijadiin kunci keamanan media sosial lo. Dikutip dan dirangkum dari Tomfanelli, ini lima tipe password yang sangat mudah diretas oleh para hacker:

1. [Nama panggilan] – [nama panggilan] 123

Gara-gara ingin mudah diingat, orang-orang sering memasukkan nama, atau nama diikutin angka 123 untuk password mereka. Padahal, ini rentan banget buat kena hack.

Contoh: wowo123

2. Tanggal lahir – Tanggal lahir nama – Nama tanggal lahir

Yeap, hacker memang kerajinan. Biasanya mereka bakal coba pakai tanggal lahir terlebih dahulu. Belum tembus, pakai tanggal diikutin nama, belum tembus juga? Ya, nama diikuti tanggal lahir

Contoh: wowo010794

3. Nomor telepon

Banyak yang mengira kalau nomor telepon itu bagus buat password gara-gara orang susah nebak nomor secara acak. Padahal itu salah total lho, Geeqs. Kenapa? Sebab, di era sosial media, orang bisa dengan mudahnya tracking nomor telepon. Bukan hanya itu, banyak juga kasus orang di-hack sama orang yang mereka kena

Contoh: 081608160816

4. Qwerty[angka]

Terlalu banyak orang yang menganggap remeh password sehingga hanya memasukkan sandi berdasarkan pola yang ada di keyboard, umumnya "qwerty". Dan bilapun sedikit rajin, atau memang permintaan dari fitur pengamannya diikuti angka, paling diikuti dengan angka urut juga.

Contoh: qwerty123

5. Password beredisi

Ini yang lumayan sering juga dipakai sama anak-anak zaman now. Dengan pede-nya, banyak orang yang memakai password dengan tulisan "password" atau tulisan "password" dengan edisi angka.

Contoh: password2, password3

Jangan sampai lo kena hack karena pake salah satu dari password di atas ya, Geeqs. Kalo lo meremehkan the power of password, privasi-privasi lo bisa tersebar ke publik. Bagus kalo gak sensitif, tapi kalo sesuatu yang sensitif tersebar? Duh, jangan sampai, deh.

Game

Menang Polling, Liga 1 Indonesia Bakal Masuk ke Game FIFA 20?

Febi Prilaksono | 2 jam yang lalu
Menang  Polling, Liga 1 Indonesia Bakal Masuk ke Game FIFA 20?

Semua orang Indonesia tau kalo negara kita punya liga sepakbola yang sangat kompetitif, yaitu Go-jek Liga 1. Namun sayang, liga ini nggak pernah hadir secara resmi di dua game sepakbola terpopuler, yaitu Pro Evolution Soccer (PES) maupun FIFA.

Geeq.id, Jakarta - Indonesia sebagai negara dengan penduduk terbanyak nomer 4 di dunia mempunyai sebuah liga sepakbola kesayangannya, yaitu Go-jek Liga 1. Walaupun populer di Indonesia, tapi sayangnya belum ada salah satu di antara dua franchise game sepokbola paling populer di dunia, yaitu Pro Evolution Soccer dan FIFA yang mengangkat Liga 1 Indonesia ke dalam game-nya.

Namun kayaknya game FIFA 20 akan berbeda. Mungkin aja game yang akan dirilis pada tahun ini, Liga 1 Indonesia bakalan hadir di dalam game ini. Senggaknya Geeqy bisa beranggapan seperti itu setelah melihat hasil polling global yang dibuka oleh FIFPlay.

Polling dengan tajuk Liga sepakbola yang harus dilisensikan untuk game FIFA 20 ini, Liga 1 Indonesia berhasil berada di pucuk peringkat liga yang patut dipertimbangkan untuk hadir di FIFA 20. Liga 1 Indonesia sendiri mendapatkan 139.999 suara yang berhasil meraih 6% suara, disusul dengan Liga Malaysia dengan perolehan 139.566 suara.

Inilah daftar top 10 pada polling liga yang ingin ditambahkan pada FIFA 20:

  1. Go-jek Liga 1 (6%, Indonesia)
  2. Liga Super (6%, Malaysia)
  3. Veikkausliiga (6%, Finland)
  4. Liga I Betano (4%, Romania)
  5. Ascenso BBVA Bancomer (4%, Mexico)
  6. Japanika League (3%, Israel)
  7. Arabian Gulf League (3%, UAE)
  8. Super League Souroti (3%, Yunani)
  9. Allianz Frauen-Bundesliga (3%, Jerman)
  10. Qatar Stars League (2%, Qatar)

Polling ini sendiri berdasarkan hasil pilihan dari 2,1 juta gamer yang mengikuti polling ini. Sayangnya, walaupun Liga Indonesia berhasil menjadi peringkat pertama pada polling ini, GamesRadar.com menyebutkan EA selaku publisher game FIFA 20 tetap bisa mempertimbangkan liga tersebut bisa masuk ke dalam game FIFA 20 ataupun nggak.

Namun, kalo ngeliat dari kebiasaan EA Games pada dua tahun terakhir, ada kemungkinan juga Liga 1 Indonesia bisa masuk ke dalam game ini. Pasalnya, di dua tahun terakhir franchise game FIFA, mereka selalu menambahkan liga baru di game tersebut, kayak Liga 3 Jerman pada FIFA 18 dan Liga China pada FIFA 19.

Kita liat aja nanti pas FIFA 20 dirilis, apakah Liga 1 Indonesia bakal beneran masuk ke game ini atau nggak. Harapan Geeqy sih bisa masuk, biar bisa mainin Persidafon di game FIFA nanti.