Tekno

[REVIEW] Jabra Elite 65t: Earbuds Berkualitas yang Bisa Dipakai Mandi

Andhika Dwi Putra | 18 July 2018 - 16:00
[REVIEW] Jabra Elite 65t: Earbuds Berkualitas yang Bisa Dipakai Mandi

Pengalaman terbaik dalam pemakaian earbuds bluetooth adalah ketika kita diberi keleluasaan untuk mengeksplorasi hal-hal yang gak mungkin menjadi mungkin. Dalam hal ini, Jabra Elite 65t telah membuktikannya.

Geeq.id, Jakarta – Pada akhir Juni 2018, Jabra telah resmi membawa Jabra Elite franchise ke Indonesia. Rangkaian dari franchise ini yatu, Elite 65t, Elite Active 65t, Elite 45e, Elite 25e, dan Elite 65e. Yang Geeqy sukain dari Jabra Elite franchise ini adalah kelima produk ini memakai teknologi bluetooth yang begitu menjawab kebutuhan masyarakat urban dengan produktivitas yang tinggi.

Dari awal diperkenalkan, perhatian Geeqy langsung tertuju pada unit earbuds bluetooth yang bernama Elite 65t. Untuk diketahui, unit ini benar-benar hadir sebagai sepasang earbuds yang ditempelkan di telinga, tanpa adanya kabel sedikitpun. Karena ketertarikan ini, Geeqy bakal telanjangi abis-abisan pengalaman Geeqy memakai earbuds ini.

jabra

Desain

Desainnya begitu ergonomis dan mengikuti bentuk telinga, hal ini jugalah yang membuat Geeqy tertarik untuk memiliki earbuds ini. Uniknya, walaupun bahannya didominasi oleh plastik, tampilan earbuds in-ear ini tampak begitu premium dengan paduan warna monokrom, hitam dan abu-abu. Karena ini earbuds in-ear (sumbat di telinga), tentunya ada pilihan karet silikon mulai dari ukuran paling kecil, sampai paling besar.

jabra

Perlu dicatat, teknologi earbuds in-ear ini sendiri sebenarnya punya nilai plus yang sangat baik, Geeqs. Ketika sedang mendengarkan musik, karena modelnya sumbat, noise dari lingkungan sekitar bisa teredam dengan baik. Selain itu, Jabra mendesain Elite 65t dengan sangat apik, sehingga seekstrim apapun gerakannya, karena modelnya, earbuds in-ear ini nggak akan longgar dan jatuh.

Pada Jabra Elite 65t ini, masing-masing earbuds tertanam 2 sensor audio buat mastiin kualitas suara yang jernih ketika melakukan panggilan telepon. Uniknya, microphone ini tertanam pada bodi gagang microphone yang mengingatkan Geeqy dengan model microphone tempo dulu dalam versi sangat pendeknya. Di bagian dalam bodi, terdapat juga masing-masing dua lempengan kuning yang berguna untuk mengisi daya.

Untuk tombol pengaturan, terdapat satu tombol pada earbuds kanan untuk pairing, mengaktifkan Elite 65t ke device yang tersambung, mengaktifkan intruksi suara voice assistant seperti Siri, sampai mengangkat telepon. Di earbuds kiri, terdapat dua tombol yang berguna untuk mengatur volume sampai menggunta-ganti lagu pada playlist yang tersedia.

Jujur, Geeqy awalnya agak ketakutan dengan pilihan model in-ear ini sendiri. Karena Geeqy pribadi lebih suka earphone dengan permukaan yang lebar, terkadang model sumbat bisa membuat lubang telinga sakit. Namun, Geeqy applause kepada Jabra karena membuat ketakutan Geeqy ini terkesan nggak beralasan. Begitu dipakai, Elite 65t ini emang terasa kurang nyaman, tetapi setelah karet silikon diganti ke ukuran terkecil, model in-ear ini ternyata di desain untuk tetap membuat telinga nyaman.

Pengalaman Geeqy setelah lima hari memakai earbuds ini, ada rasa kurang nyaman ketika Elite 65t ini dipakai selama empat jam lebih. Geeqy cobain sambil berkendara menggunakan helm, ada sedikit rasa nggak nyaman, tetapi nggak terlalu signifikan. Overall, earphone ini enak dipakai untuk pemakaian light ke medium yang memakai earphone tiga jam ke bawah. Untuk heavy user, telinga kayaknya harus diistirahatin dulu dari earbuds ini untuk menghindari rasa nyeri.

Konektivitas

Juara! Bisa dibilang, Jabra Elite 65t ini adalah earphone dengan konektivitas terbaik yang pernah Geeqy pakai. Kendala pada earphone bluetooth kebanyakan adalah konektivitas yang nggak stabil dan suka terputus-putus, tetapi dengan earbuds dari Jabra ini, udah nggak ada cerita lagi asik-asiknya denger lagu, tau-tau ada suara noise dan lagu tersendat-sendat.

Kenapa konektivitas Elite 65t ini sangat bagus? Karena udah dilengkapi dengan teknologi Bluetooth 5.0. Perlu diketahui, sekelas Apple dengan Airpods saja masih memakai teknologi bluetooth 4.2 dengan fitur tambahan dari Apple untuk memperkuat koneksi bluetooth. Kehebatan dari Bluetooth 5.0 ini bukan stabilnya doang, Geeqs, tetapi juga kecepatan konektivitas dan juga jauhnya jarak antara dua unit yang tersambung.

Geeqy kasih contoh, kalau bluetooth 4.2 milik Airpods bisa pairing sejauh 10 meter, maka bluetooth 5.0 ini bisa pairing paling minimal dua kalilipatnya, paling maksimal empat kalilipatnya. Geeqy coba di jarak 15 meteran, suara musik udah mulai tersendat-sendat sih. Selain itu, Elite 65t juga bisa terkoneksi dua device dalam satu waktu lho. Jadi lo bisa pairing di laptop dan smartphone tanpa harus status pairing-nya dihapus dulu.

Fitur

Jabra Elite 65t bisa dibilang earbuds bluetooth serba bisa, Geeqs. Selain mendengarkan musik, Elite 65t juga bisa melakukan panggilan telepon dengan sekali klik. Inovatifnya, Jabra membenamkan teknologi yang memungkinkan Elite 65t bisa terhubung dengan voice assistant seperti Google Assistant, Siri, atau Alexa

Buat yang bingung kenapa Geeqy pakai earbuds ini ketika berkendara, itu karena adanya fitur Hearthrough. Fitur ini, memungkinkan lo untuk tetap bisa mendengar suara ambience di sekitar lo. Jadi walaupun terasa kedap karena ada sumpalan earbuds, dengan mengaktifkan fitur ini, telinga lo tetep bisa mendengar suara sekitar dan membuat lo tetap bisa waspada.

Selain itu, perlu dicatat kalau Elite 65t ini udah mengantungi sertifikat IP55 yang membuat earbuds ini udah anti air dan debu. Anti air disini sebenarnya diperuntukkan untuk percikan air atau lelehan keringat ketika dipakai olahraga, tetapi karena Geeqy anti mainstream, Geeqy buktiin kualitas anti air ini dengan menggunakan earphone ini sambil mandi.

Sebenarnya, untuk volume air yang lebih banyak, IP56 lah yang menjamin bisa tahan, tapi pas Geeqy cobain sambil mandi, wah beneran gak ada masalah dong. Malahan ini jadi suatu yang baru dan exciting buat Geeqy. Karena, Geeqy sendiri bisa dikategorikan pendengar musik yang heavy, biasanya Geeqy mandi dengan bawa smartphone dan menyetel volume sekeras-kerasnya.

Namun, volume sekeras apapun, selalu masih kalah dengan suara shower ataupun keran, yang menyebabkan Geeqy gagal eargasm. Ketika Geeqy coba pakai Elite 65t, wah asyik banget, Geeqs. Seakan-akan Geeqy lagi mandi di depan musisinya langsung. Tentu untuk kesehatan mata bersama, gambar gak dilampirkan ya, Geeqs.

jabra

Meski harusnya cuma tahan percikan air, tapi unit Elite 65t milik Geeqy sama sekali nggak bermasalah di IC (integrated Circuit) audio-nya. Nggak perlu direndem beras, suara earbuds ini masih dalam performa optimalnya. Kalaupun percobaan gagal, Geeqy gak khawatir sih, karena Jabra sendiri ngasih garansi selama dua tahun terkait IP55 ini.

Yang paling menggembirakan, kehadiran Jabra Elite franchise ini dipaduin dengan aplikasi bernama Sound+ yang bisa diunduh di Play Store ataupun App Store. Di dalam aplikasi ini, ada berbagai pilihan seperti mengaktifkan Hearthrough, membaca panduan, sampai equalizer lho, Geeqs. Jadinya lo bisa atur suara yang dihasilkan sesuai dengan selera lo.

jabra

Buat Geeqy, penyertaan aplikasi Sound+ dari Jabra ini harus ditauladani sama vendor-vendor earphone sejenis. Karena, fitur ini sangat simpel, tetapi punya dampak yang sangat besar buat penggemar audio yang agak rewel dengan kualitas musik yang dihasilkan.

Kualitas Audio

Ini adalah bagian paling fundamental dari kualitas earphone, apa pun modelnya. Dan selamat untuk Jabra, karena udah mendesain earbuds bluetooth dengan kualitas atas yang sangat rekomendasi untuk dibeli. Pertama yang Geeqy akan bahas, adalah kualitas audio yang kita dengarkan dengan equalizer di posisi default (belum dikustom).

Yang paling Geeqy acungi jempol adalah suara vokal nggak dibelakang (tertutup instrumen). Jabra Elite 65t benar-benar menghasilkan suara yang detail, baik itu pada vocal (Mid), Treble (high), sampai pada bass (low). Namun buat Geeqy sendiri, untuk mereka yang sangat memprioritaskan bass, suara yang dihasilkan memang deep, tetapi nggak terlalu deep dentumannya. Namun ini masalah selera ya, karena disaat dentuman bass nggak dalam, berarti bisa dibilang suara bass ini nggak mengganggu detail-detail dari suara lain.

Untuk separasi dan mixing-nya sendiri, sangat rapih dan harmoni, Geeqs. Pada tahap tes, Geeqy coba menyetel lagu Indonesia berjudul "Bahas Bahasa" milik Barasuara yang emang dikenal sangat kaya instrumennya. Hasilnya, Geeqy bisa mendengarkan tiap detail instrumen musik yang dimainkan bersama-sama.

Selanjutnya mari kita bahas masalah transparansi, atau keaslian suara yang membuat seolah-olah suara tersebut nggak dikeluarkan dari alat bantu. Hasilnya? Sangat memuaskan. Seperti yang Geeqy udah bahas sebelumnya, ada sensasi dimana seakan-akan Geeqy berada di depan musisinya itu sendiri. Sensasi ini membuat Geeqy seperti mendengarkan konser secara langsung dan privat.

Yang paling menarik adalah, ketika Geeqy coba earphone ini untuk bermain PUBG Mobile. Yeap, sebelumnya Jabra nggak pernah ada mention earbuds ini diperuntukkan untuk gaming, tapi karena Geeqy anti mainstream, ya tetep Geeqy cobain. Hasilnya? Suara step kaki yang notabene agak susah buat didengar, jadi bisa kedengaran dengan jelas lho, Geeqs.

Lalu untuk panggilan telepon, nggak perlu khawatir kalau suara akan tenggelam kalau ada di lingkungan yang ramai seperti kereta atau pasar. Karena adanya noise cancellation serta penanaman sepasang sensor audio di masing-masing earbuds, membuat kualitas suara yang dikeluarkan menjadi jernih, dan solid, Geeqs.

Durabilitas

Masalah durabilitas, nggak terlepas juga dengan penggunaan bluetooth 5.0, Geeqs. Karena teknologi ini, efisiensi daya lebih optimal dengan memakan daya baterai lebih sedikit. Untuk earbuds-nya sendiri, bisa tahan lima jam (pengalaman Geeqy sih lebih-lebih dikit). Bila ditambah dengan charging case dalam daya penuh, total durasi pemakaian bisa tembus 15 jam.

Untuk harga sendiri, kalau diintip via platform online shop seperti Tokopedia, rata-rata mulai menjual produk ini seharga Rp 2.290.000. Namun yang bisa Geeqy pastikan, di saat lo memiliki ini, lo bukan hanya membeli prestis, tetapi juga membeli kualitas.

8.6

Nilai Keseluruhan
Design
8.0
Features
9.0
Performance
9.0
Tekno

Apple Bakal Rilis Suksesor iPhone SE Pada 2020 Dengan Ukuran Layar iPhone 8?

Febi Prilaksono | 2 jam yang lalu
Apple Bakal Rilis Suksesor iPhone SE Pada 2020 Dengan Ukuran Layar iPhone 8?

Apple dikabarkan bakalan merilis smartphone dengan layar berukuran 4,7 inci di tahun depan. Apa mungkin smartphone ini bakal jadi suksesor dari iPhone SE yang dirilis beberapa tahun yang lalu?

Geeq.id, Jakarta - iPhone SE yang waktu itu menjadi versi murah dari iPhone 6s dan iPhone 6s Plus udah dirilis lebih dari 3 tahun yang lalu. Semenjak perilisan iPhone SE pada tahun 2016 yang lalu, banyak beredar kabar bahwa Apple akan merilis penerus dari iPhone SE, walaupun sampai sekarang kabar tersebut belum kejadian.

Setelah kabar tentang penerus iPhone SE terbang dan tenggelam, kali ini keluar rumor kalo Apple bakal merilis sebuah smartphone dengan ukuran layar 4,7 inci yang menggunakan chipset A13 buatan perusahaan dengan logo buah apel coak tersebut. Rumor yang Geeqy lansir dari GSMArena ini menyebutkan kalo Apple akan merilis smartphone ini pada bulan Maret 2020 nanti.

Dari ukuran layarnya akan sama dengan iPhone 6, iPhone 6s, iPhone 7, dan iPhone 8 yang lalu. Kalo diliat dari rumornya, emang sama kayak kejadian iPhone SE dulu yang punya ukuran layar dan desain yang mirip dengan iPhone 5s dan menggunakan chipsetnya iPhone 6s.

Udah gitu, ada yang menyebutkan kalo iPhone ini akan dirilis pada bulan Maret, sama persis kayak iPhone SE yang juga dirilis pada bulan Maret 2016. Waktu itu sendiri, pada bulan September 2015 iPhone 6s dirilis dan akhirnya iPhone SE menjadi varian murah untuk iPhone 6s.

Dari kabar yang beredar, bulan September 2019 ini Apple juga akan merilis beberapa smartphone-nya, yaitu iPhone XI dan XI Max yang akan menjadi suksesor dari XS dan XS Max. Smartphone ini dikatakan akan memiliki tiga buah lensa kamera belakang, yaitu kamera utama, ultra-wide dan tele. Lalu akan ada juga smartphone suksesor dari iPhone XR yang akan memiliki dua buah lensa kamera belakang.

Kalo emang bener kabar tentang penerus iPhone SE ini, nantinya desainnya akan kayak apa ya? Apakah akan kayak iPhone 8 yang desainnya udah ketinggalan jaman? Atau kayak iPhone X dengan poni di layarnya? Namun kalo bener kejadian sih rumornya smartphone ini akan dihargain $650 alias Rp 9,1 jutaan. Lumayan murah lah buat iPhone keluaran terbaru dibandingkan sama iPhone XS, XS Max, dan XR.

Subscribe to our newsletter

CONNECT WITH US

Sainstek

Peneliti Ungkap Keberadaan Naga Seperti di Game of Thrones

Arya Despratama | 2 jam yang lalu
Peneliti Ungkap Keberadaan Naga Seperti di Game of Thrones

Kerap dikisahkan dalam film-film berlatar dunia fantasi atau kerajaan seperti Game of Thrones, naga merupakan seekor hewan yang bisa menyemburkan api. Keberadaannya pun hanya dipercaya sebagai mitos atau sebatas dongeng. Namun, bagaimana menurut peneliti? Simak di bawah ini, Geeqs.

Geeq.id, Jakarta – Buat yang lagi ngikutin serial Game of Thrones, pasti lo pernah bertanya-tanya, apakah seekor naga atau hewan yang bisa menyemburkan api pernah hidup di muka bumi? Pertanyaan tersebut dijawab oleh salah seorang mahasiswa doktoral dari Universitas Florida.

Dilansir dari Live Science, meski banyak kisah mitologi tentang naga, Rachel Keeffe, mahasiswa doktoral yang mempelajari reptil dan amfibi, gak membenarkan soal keberadaannya, Geeqs. Namun, ada beberapa hewan yang bisa menyemburkan asap, racun, dan sesuatu yang pekat dari tubuh mereka.

Adapun alasan kenapa gak ada satu pun hewan yang bisa mengeluarkan api kemungkinan karena nyala api dari dalam tubuh bisa membuat blunder saat bernapas. Keeffe berujar,

“Tak ada hewan di muka bumi yang tahan dan kebal pada api."

Sebagai gantinya ada hewan yang dapat bertahan di suhu yang sangat panas. Keefe menambahkan,

“Ada hewan yang dapat menahan suhu super tinggi namanya ocean vent, sejenis cacing yang bisa hidup di lingkungan sangat panas tapi bukan api."

Selain itu, juga ada ular kobra  dan kalejengking afrotropis dalam genus Parabuthus yang dapat menyemprotkan racun mematikan pada mangsanya saat sedang terancam. Meski gak sehebat semburan api Drogon milik Daenerys Targaryen dalam Game of Thrones, tokek Strophurus mampu menembakkan kotoran pekat dengan bau gak sedap dari ekornya untuk menakuti musuhnya.

Gak kalah uniknya, ada sigung dan kumbang bombardier (Pheropsophus jessoensis). Mereka dapat mengeluarkan kentut gas kimia beracun saat terdesak. Namun ada juga hewan yang bisa bergelut melawan api. Mereka adalah tiga spesies burung predator, yakni burung layang-layang hitam (Milvus migrans), burung layang-layang bersiul (Haliastur sphenurus) dan elang coklat (Falco berigora).

Ketiganya diketahui lolos dari bencana kebakaran hutan dengan menggunakan rumput dan ranting pohon untuk menutupi tubuh mereka. Burung-burung itu kemudian menggunakan api untuk menyalakan api di tempat lain agar serangga yang sembunyi di bawah tanah bisa keluar dan menjadi santapan.

Nah, kalo lo sendiri termasuk yang percaya mitologi soal naga atau gak nih, Geeqs?

Otomotif

Jangan Salah! Gini Cara Hilangkan Tinta Bekas Nyoblos yang Nempel di Mobil

Arya Despratama | 2 jam yang lalu
Jangan Salah! Gini Cara Hilangkan Tinta Bekas Nyoblos yang Nempel di Mobil

Ada beberapa hal yang gak diharapkan usai nyoblos Pemilu atau Pilpres. Selain termakan provokasi dan ricuh, bekas noda tinta juga gak diinginkan menempel di kendaraan seperti mobil. Nah, kalo udah terlanjur menempel, simak deh tips-tips cara membersihkannya di bawah sini.

Geeq.id, Jakarta – Pesta demokrasi alias Pemilu baru aja kita lalui nih. Kita tinggal menunggu hasilnya diumumkan oleh KPU secara resmi. Nah, ngomong-ngomong soal nyoblos pasti ada yang jarinya masih pada ungu bekas dicelupin ke tinta.

Buat beberapa pengendara mobil, hal ini dianggap pembawa masalah lantaran tinta tersebut bisa menempel di interior mobil, seperti di dashboard, jok, dan setirnya. Apalagi gak gampang buat menghilangkan nodanya, Geeqs.

Namun ternyata ada cara mudah untuk menghilangkan noda tinta berwarna ungu yang menyebar di dalam mobil, Geeqs. Dikutip dari id.wikihow, berikut beberapa caranya nih.

Lap Pakai Handuk atau Tisu

Salah satu cara yang bisa lo lakukan untuk menghilangkan noda tinta di mobil adalah dengan membersihkannya dengan handuk kering atau tisu. Lakukan dengan hati-hati sambil sedikit menekan di area yang terkena tinta.

Hindari membersihkan dengan cara menggosok-gosok area yang terkena tinta, karena dapat menyebabkan tinta menyebar dan meresap ke dalam seratnya. Lebih baik lap dengan tisu berulang kali mulai dari bagian tepi tinta, sampai ke bagian tengahnya.

Pakai Alkohol

Alkohol juga bisa jadi senjata ampuh buat menghilangkan noda tinta. Namun, perlu diingat penggunaannya gak boleh sembarangan, Geeqs. Untuk noda di mobil, lebih baik pilih yang kandungannya 70 persen.

Mulai lah dengan tes alkohol pada bagian pelapis jok mobil yang gak mencolok, untuk memastikan bagian yang terkena tinta gak akan rusak. Teteskan alkohol pada kain putih bersih dan jangan menuangkan langsung di atas nodanya. Basahi noda tinta dengan kain tersebut secara hati-hati. Jangan menggosok atau mengelapnya karena penggosokan akan menyebabkan noda tersebut menyebar. Lakukan secara berulang kali hingga kainnya tak lagi menyerap tinta.

Perlu diingat, jangan menggunakan alkohol pada kain berbahan asetat, rayon, atau triasetat. Kain jenis ini akan ternoda dan menyisakan noda seperti terkena pemutih, kalo terkena alkohol.

Pakai Cuka

Kandungan asam pada cuka juga mampu menghilangkan noda tinta dengan efektif. Apalagi cuka aman digunakan, lembut di tangan, dan ramah lingkungan. Lo bisa mencampur satu sendok makan sabun pencuci piring dan dua sendok teh cuka putih ke dalam secangkir air.

Gunakan larutan tersebut untuk membasahi area yang ternoda tinta dengan kain lembut. Kemudian gosok lah dengan lembut dan biarkan selama 10 menit. Setelah itu, lap dengan air dingin pakai kain kembali. Selanjutnya, tinggal keringkan area tersebut secara menyeluruh

Pakai Hairspray

Jangan salah, hairspray juga bisa menghilangkan noda tinta pada mobil, Geeqs. Caranya, semprotkan sedikit hairspray di atas tinta, lalu lap dengan lembut menggunakan kain yang bersih dan kering. Lakukan berulang kali sampai nodanya hilang.

Pakai Pembersih

Cara lainnya adalah dengan menggunakan pembersih rumah tangga, Geeqs. Ada banyak produk pembersih yang dijual di pasaran yang bisa lo pilih buat menghilangkan noda tinta yang menempel di mobil.

Itu dia beberapa cara mudah untuk menghilangkan noda tinta bekas nyoblos yang menempel di mobil. Share artikel ini ke temen-temen lo yang abis pada nyoblos juga gih!

Film & TV

Keren! Gini Aksi Ronin di Cuplikan Terbaru Avengers: Endgame

Arya Despratama | 2 jam yang lalu
Keren! Gini Aksi Ronin di Cuplikan Terbaru Avengers: Endgame

Karakter yang ditunggu-tunggu dalam Avengers: Endgame akhirnya unjuk gigi juga di cuplikan terbaru filmnya. Penasaran seperti apa aksinya? Yuk, simak di bawah ini, Geeqs.

Geeq.id, Jakarta – Kurang dari seminggu jelang penayangan Avengers: Endgmae, masih ada lagi cuplikan baru filmnya yang beredar di internet nih. Teaser kali ini memperlihatkan aksi salah satu karakter yang ditunggu-tunggu, yaitu Ronin alias Hawkeye.

Cuplikan ini dimulai dengan adegan Black Widow dan Hawkeye yang ikut dalam perjalanan ke luar angkasa. Sejauh mata memandang, Hawkeye mengatakan, “Ini akan menjadi sangat luar biasa.” Aksi Clint Barton saat menjadi Ronin pun akhirnya ditampilkan dalam teaser terbaru ini, Geeqs.

Dalam adegan tersebut, Clint terlihat sedang bertarung melawan anggota gangster dengan pedang samurainya. Lo bisa melihat cuplikan ini di empat detik pertama videonya. Selain itu, juga terdengar obrolan Tony Stark yang mengatakan, “Ini waktunya untuk menunjukkan siapa kita.”

Gak cuma itu, Captain America juga terlihat memberikan intruksi kepada rekan-rekan superheronya untuk saling menjaga satu sama lain. Di akhir cuplikannya ada adegan kocak yang memperlihatkan War Machine menyapa Scott Lang dengan konyol.

Film garapan duo sutradara Anthony dan Joe Russo ini akan dibintangi oleh Chris Evans (Captain America), Robert Downey Jr. (Iron Man), Chris Hemsworth (Thor), Mark Ruffalo (Hulk), Scarlett Johansson (Black Widow), Jeremy Renner (Hawkeye), Paul Rudd (Ant-Man), Don Cheadle (War Machine), Brie Larson (Captain Marvel), Danai Gurira (Okoye), Bradley Cooper (Rocket Raccoon), Karen Gillan (Nebula), dan Josh Brolin (Thanos).

Avengers: Endgame akan ditayangkan serentak di seluruh bioskop Indonesia pada 24 April 2019. Siapa nih yang udah punya tiketnya, Geeqs?

Tekno

Mahal Doang, Galaxy Fold-nya Samsung Rusak Dalam 2 Hari Pemakaian Aja

Febi Prilaksono | 2 jam yang lalu
Mahal Doang, Galaxy Fold-nya Samsung Rusak Dalam 2 Hari Pemakaian Aja

Siapa bilang harga mahal menjadi jaminan kalo barang itu bagus? Buktinya? Ternyata phablet Galaxy Fold yang dijual seharga Rp 30 jutaan dilaporkan banyak yang rusak di 2-3 hari pemakaian pertama. Kok bisa?

Geeq.id, Jakarta - Ponsel layar lipat pertamanya Samsung memang berhasil mencuri banyak perhatian para penggemarnya walaupun punya desain yang cukup unik ketika dilipat. Walaupun banyak mencuri perhatian dengan mekanisme penggunaannya yang unik, smartphone dengan nama Galaxy Fold bisa dibilang dijual untuk kalangan kelas atas aja karna harganya yang tegolong mahal, yaitu kurang lebih Rp 30 jutaan.

Dengan harga yang sefantastis itu ternyata nggak ngebuat Galaxy Fold terlepas dari masalah. Soalnya, baru-baru ini beredar sebuat cuitan dari Twitter yang menunjukkan Galaxy Fold yang rusak dalam waktu penggunaan 2-3 hari aja.

Dilansir dari The Verge, kejadian ini bukan cuma dialami oleh satu dua orang aja, melainkan beberapa kejadian sekaligus. Hal ini dialami oleh beberapa reveiwer yang dipenjemin Galaxy Fold oleh Samsung untuk diulas. Beberapa pengulas dari The Verge, Bloomberg, bahkan CNBC mengatakan hal yang sama.

Wartawan Bloomberg bilang kalo layar pada unit yang diberikan kepadanya nggak bisa digunain hanya dalam kurun waktu dua hari aja setelah sebelumnya dia melepas lapisan plastik yang ada di layar. Pihak Samsung pun mengkonfirmasi melepas pelindung layar utama bisa mengakibatkan kerusakan pada Galaxy Fold.

Editor tekno di CNBC, Steve Kovach juga mengalami hal yang serupa, yaitu setengah layarnya terlihat berkedip setelah digunakan dalam kurun waktu sehari doang. Hal ini dibuktiin lewat cuwitan dia di akun Twitter-nya.

Lain kisah dari editor eksekutif The Verge yang mengatakan kalo ada tonjolan kecil di lipatan ponsel yang kemungkinan berasal dari bawah layar. Anehnya, dia nggak mencopot lapisan pelindung layar yang dikatakan Samsung bisa merusak ponselnya.

Walaupun mengalami beberapa masalah, tapi Samsung mengkonfirmasi kalo mereka nggak bakalan mengubah jadwal perilisan Galaxy Fold. Smartphone ini memang dijadwalkan akan mulai dijual di Amerika Serikat per tanggal 26 April 2019 dengan harga $1.980 alias Rp 30 jutaan per unitnya.

Samsung sendiri ngaku kalo permintaan Galaxy Fold itu tinggi banget, bahkan mereka udah menutup keran pre-order-nya. Mereka mengatakan berencana untuk mengeluarkan paling nggak 1 juta unit secara global. Namun angka ini masih dikit banget dibandingkan dengan estimasi produksi smartphone Samsung yang mencapai 300 juta unit.

Waduh, bahaya banget nih Samsung, masa smartphone mahal bisa rusak dalam waktu satu sampai dua hari doang sih. Jangan sampai kejadian Galaxy Note 7 keulang lagi deh nih. Bisa ancur reputasi!

Tekno

Ngikutin Hype, Google Buat Iklan Pixel 3 Bertemakan Avengers: Endgame

Febi Prilaksono | 2 jam yang lalu
Ngikutin Hype, Google Buat Iklan Pixel 3 Bertemakan Avengers: Endgame

Film paling ditunggu-tunggu manusia sejagat raya, Avengers: Endgame sebentar lagi akan tayang di bioskop-bioskop kesayangan anda. Nggak mau ngelewatin hype yang sedang berlangsung tentang film ini, Google menggunakan tema Avengers untuk membuat video iklan smartphone Pixel 3-nya.

Geeq.id, Jakarta - Pernah nggak sih lo bertanya-tanya, gimana rasanya jadi warga New York di dunia film Avengers yang selalu kena imbas dari serangan para alien? Mungkin hal inilah yang ingin diungkapkan oleh pembuat iklan smartphone Google Pixel 3 yang mengangkat tema dari sudut pandang warga New York yang lagi ketika para Avengers sedang melawan para alien yang menginvansi bumi.

Hal-hal kayak supir taksi yang nggak bisa lewat gara-gara ada serangan alien dan disugesti untuk melewat jalan yang lain oleh Google Street, lalu ada juga seorang wanita yang meminta Google Assistant untuk memutar lagu dengan tema Deep Focus agar ketika kerja nggak keganggu dengan suara bising dari serangan-serangan alien.

Selain itu, di iklan ini juga secara nggak langsung menunjukkan gimana kualitas kamera dari smartphone Google Pixel 3 ini dengan cara yang kocak. Kayak seorang anak ABG yang minta Google untuk mengambilkan selfie pas di belakang anak itu ada pesawat alien, terus seorang pria juga mengambil video Iron Man dengan jelas.

Di iklan ini jelas kalo momen-momen tersebut diambil sebelum Thanos menjentikkan jarinya yang membuat setengah dari penduduk dunia menghilang menjadi abu. Jadi nggak dapat dipastikan kalo orang-orang yang ada di video tersebut termasuk korban jentikan jari Thanos atau bukan. Ya tapi nggak penting juga sih kita tau atau nggaknya dia korban Thanos atau bukan, nggak ngaruh juga di film Avengers: Endgame nanti.

Balik ke urusan iklan Google Pixel 3, selain hal-hal di atas, video iklan ini juga menunjukkan fitur Playmoji AR yang ada di smartphone ini, yaitu karakter augmented reality (AR) yang bisa bereaksi yang bisa diakses dari foto ataupun video. Kerennya, dalam fitur Playmoji ada karakter-karakter dari film Avengers, kayak Iron Man, Captain America, Hulk, Nebula, dan 5 karakter baru lainnya. 

Film Avengers: Endgame sendiri bakalan diputer di Indonesia mulai dari tanggal 24 April 2019 nanti. Penjualan tiketnya sendiri udah dibuka dari tanggal 15 April yang lalu dan kemungkinan sih tiket-tiketnya udah pada ludes terjual, jadi buat lo yang belom sempet beli, mungkin harus nunggu beberapa hari bahkan beberapa minggu buat nonton film ini.

Film & TV

Baru Beberapa Hari Tayang, Episode Pertama GoT Season 8 Udah Dibajak 55 Juta Kali!

Febi Prilaksono | 2 jam yang lalu
Baru Beberapa Hari Tayang, Episode Pertama GoT Season 8 Udah Dibajak 55 Juta Kali!

Game of Thrones memang menjadi salah satu serial TV tersukses dalam sejarah. Saking suksesnya, serial TV yang diangkat dari sebuah novel ini sampai menjadi serial TV paling banyak dibajak dalam sejarah lho. Terus gimana nasib episode pertama season 8 kemarin?

Geeq.id, Jakarta - Menjadi serial TV paling laris sepanjang sejarah, tentunya akan berbanding lurus dengan jumlah pembajakan setiap episodenya. Bukannya Geeqy pesimis dengan hilangnya pembajakan dari muka bumi ini. Namun dengan teknologi yang semakin maju kayak sekarang, pembajakan memang udah kayak hal yang lumrah untuk orang-orang.

Setelah merilis season terakhir, yaitu season 8 dari serial TV Game of Thrones, ternyata pembajakan episode pertama udah terbilang cukup banyak lho. Hal ini sendiri terungkap dari data perusahaan analitik bernama MUSO. Dilansir dari Ubergizmo, episode pertama Game of Thrones season 8 ternyata udah dibajak sebanyak 55 juta kali lho.

Jika dijabarin, MUSO menemukan 76,6% pembajakan berasal dari streaming nggak resmi, lalu ada sekitar 12,2% berasal dari download-an situs nggak resmi, 10,8% berasal dari torrent umum, dan 0,5% berasal dari torrent pribadi. Mereka juga menemukan bahwa pembajakan terbesar terjadi di India dimana disana memang susah untuk mendapatkan akses legal serial Game of Thrones.

Lalu China menjadi negara keuda terbanyak yang membajak Game of Throne season 8, yaitu sebanyak 5 juta kali. Bukan karena susahnya mendapatkan akses legal kayak di India, tapi serial ini mendapat begitu banyak sensoran di China. Mungkin banyak orang China yang pengen nonton kayak orang-orang di dunia nonton juga kali ya.

Posisi ketiga adalah negara Amerika Serikat. Ya benar, Amerika Serikat. Walaupun negara Amerika Serikat dinilai sebagai negara paling maju, tapi ternyata tingkat pembajakan disana juga masih tinggi lho. Dari data yang terekam, Amerika Serikat berhasil membajak 4 juta kali serial Game of Thrones. 

Ini baru episode pertama Game of Thrones season 8 lho ya dan jumlahnya udah cukup banyak, yaitu 55 juta kali pembajakan. Udah gitu ini baru beberapa hari setelah perilisan pula. Kalo nanti sampai episode terakhir dan waktunya udah lumayan lama, pasti angkanya bakalan jauh lebih gede lagi. Season 7 aja udah dibajak 1 miliar kali. Nggak kebayang sih berapa kerugian dari hasil pembajakan ini.

Berita Pilihan

Cowok Ini Lamar Pasangannya Lewat GPS Art Terbesar di Dunia!

Febi Prilaksono | 2 jam yang lalu
Cowok Ini Lamar Pasangannya Lewat GPS Art Terbesar di Dunia!

Melamar kekasih tercinta dengan memberikan bunga dan hadiah mungkin udah menjadi hal yang biasa. Namun gimana kalo yang diberikan adalah sebuah map yang tergambar tulisan 'Marry Me' ditulis dengan mengitari seluruh Jepang? Ini baru keren!

Geeq.id, Jakarta - Setelah menjalin hubungan pacaran, melamar kekasih pastinya menjadi hal yang sangat sakral. Bahkan di Indonesia sendiri, melamar sang kekasih haruslah didampingi oleh wali dari kedua belah pihak, baik pihak sang pria maupun pihak sang wanita.

Mungkin kesakralan itulah yang dilihat dari seorang pemuda dari Jepang bernama Yasushi Takahashi atau yang biasa dipanggil dengan Yassan yang membuat sebuah momen lamaran menjadi sesuatu yang nggak bisa dilupakan bagi sang wanita, atau bahkan warga dunia. Dia melamar dengan keliling Jepang untuk membuat sebuah seni.

Dengan berkeliling ke Jepang, dia bertujuan untuk membuat sebuah seni dengan ukuran yang sangat besar. Dibantu dengan aplikasi Google Earth, dia membuat seni yang bertulisan 'Marry Me' ditambah ikon 'hati terkena panah' untuk ditunjukkan ke sang kekasih yang bernama Natsuki.

Dia sendiri menghabiskan waktu 6 bulan dan berjalan sejauh 4.451 mil untuk membuat karya seni raksasa tersebut. Karna hal inilah, dia akhirnya memutuskan keluar dari pekerjaannya dan memulai menelusuri jalan-jalan di Jepang dengan bantuan sebuah mobil miliknya. Dengan karya seninya ini, dia juga berhasil menyabet Guinness World Record untuk GPS drawing terbesar di dunia.

Beruntungnya lagi, walaupun dia keluar pekerjaannya buat melakukan hal yang bisa dibilang cukup gila ini, sang kekasih tetep menerima lamaranya ini. Kalo di Indonesia sih ngeliat cowoknya pengangguran kayak gitu, udah pasti si cewek nggak bakalan mau, bahkan orang tua si cewek nggak bakal ngebolehin anaknya buat deket-deket sama si cowok.

Yassan sendiri bukan pertama kalinya membuat karya seni yang biasa disebut dengan GPS art ini, sebelumnya udah banyak karya seni yang dia buat, seperti ucapan selamat natal, ucapan selamat tahun baru 2019, gambar dinosaurus, dan lainnya. Nah, lo mau nyoba ngelamar pacar dengan cara kayak gini nggak? Siapa tau lo seberuntung Yassan, pengangguran tapi punya istri.