Film & TV

[Review] Sebelum Iblis Menjemput: Film Horor Paling Mengganggu

Andhika Dwi Putra | 14 August 2018 - 15:55
[Review] Sebelum Iblis Menjemput: Film Horor Paling Mengganggu

Bukan hanya mengusik lewat penampakan, Iblis di film ini bisa mencengkram, mencakar, menggigit, bahkan memenggal kepala korbannya.

Geeq.id, Jakarta – Sebelum Iblis Menjemput, film horor besutan sutradara Timo Tjahjanto. Kali ini, Timo mengerjakan film ini sebagai solo, bukan sebagai kesatuan Mo Brothers yang pernah meneror dengan film Rumah Dara (2010) bersama Kimo Stamboel. Ini bukan hal yang baru bagi Timo, sebelumnya Ia juga pernah membuat film action thriller secara solo, yaitu Killer (2014).

Bersama Sky Media dan Legacy Pictures, Sebelum Iblis Menjemput menjadi pembuktian bahwa film horor di Indonesia masih berumur panjang. Film horor yang seakan-akan harus berkonten sensual, kini sudah bergeser dengan suasana mencekam yang kental. Bahkan, Sebelum Iblis Menjemput sudah satu level diatasnya, bukan hanya mencekam, film ini tersaji brutal.

Di era teknologi ini, banyak cara untuk memanen uang. Bisa dengan ‘memancing’ Adsense, bisa juga menjadi artis media sosial yang kaya akan endorse. Namun film ini percaya dengan jalur yang lebih konservatif, yaitu pesugihan atau bersekutu dengan Iblis. Familiar? Yeap, cerita yang dibangun film horor Indonesia belakangan ini seperti memiliki formula dan premis yang sama. Cerita yang serupa bisa juga di dapat pada film Pengabdi Setan ataupun Kafir: Bersekutu dengan Setan.

Sinopsis

Begitu sekuens dibuka, Geeqy langsung de javu dengan film Pengabdi Setan. Kayaknya beberapa penggiat horor udah sepakat kalau kombinasi rumah tua dan memutar musik klasik adalah sesuatu yang menjanjikan nilai horor. Meniru? Nggak, kombinasi yang sama udah dipakai Timo Tjahjanto bersama Kimo Stamboel mulai dari Rumah Dara.

Yang Geeqy suka dari gaya penceritaan Sebelum Iblis Menjemput adalah packaging-nya yang benar-benar berbeda. Timo menulis film ini dengan kausal sebab akibat. Sepotong kisah awal menjadi pondasi cerita yang menjelaskan setiap akibat-akibat yang terjadi. Latar belakang cerita bahkan bisa dikemas rapih dalam sebuah buku jurnal yang dimiliki oleh Alfie (Chelsea Islan). Jurnal ini terdiri dari potongan-potongan koran yang menceritakan ayah Alfie, Lesmana (Ray Sahetapy) yang tiba-tiba sukses, baik dari bisnis, maupun asmara. Paska Ibu Alfie meninggal, artis yang tengah naik daun, Laksmi (Karina Suwandi) berhasil dipersunting Lesmana.

Dari perkawinan itu, Alfie memiliki tiga saudara tiri, yaitu Maya (Pevita Pearce), Ruben (Samo Rafael), dan Nara (Hadijah Shahab). Dari kelima karakter ini, drama horor mulai dijahit dengan rapih. Diceritakan, tiba-tiba Lesmana jatuh sakit yang nggak bisa terdeteksi secara medis. Sakitnya Lesmana ini akhirnya kembali mempertemukan Alfie dengan Ibu dan saudara tirinya.

Pertemuan ini berlanjut di rumah lama Lesmana, tempat dimana dirinya bersekutu dengan Iblis. Di saat Alfie sedang berkunjung untuk menjemput memori-memori masa kecilnya di rumah itu, keluarga Laksmi juga datang untuk menjarah sisa-sisa kekayaan Lesmana. Baik Alfie, Laksmi, Maya, Ruben ataupun Nara sama-sama nggak tahu, kalau ada bahaya besar yang mengawasi mereka, hadiah dari masa lalu Lesmana.

Horor yang mengganggu

Salah satu yang paling mengganggu dari film horor ini adalah kehadiran sosok hantu yang tunai, tanpa angsuran, tanpa dicicil. Kalau biasanya film horor baru jor-joran menampilkan sosok hantu menjelang akhir cerita, Sebelum Iblis Menjemput terus menerus menyuguhkan sosok hantu dari awal cerita.

Separuh film menjelang akhir, horor besutan Timo mulai bergeser dari horor menuju kebrutal. Berulang kali, sosok hantu ini menunjukkan kebringasannya, mulai dari mencengkram, mencekik, sampai menggerak-gerakkan tempat tidur. Bisa dibilang, di sepanjang narasi film ini, selalu ada klimaks per menitnya.

Sayangnya, Sebelum Iblis Menjemput seperti terfokus dengan hantu, darah, hantu, darah, hantu, darah doang. Di dalam film ini, begitu banyak plot hole yang membuat film ini begitu nggak ‘dekat’ dengan penontonnya. Salah satunya, adalah dimana tokoh-tokoh itu berdiam di rumah tua itu selama dua hari, disaat sebenarnya bisa dibuat klimaks di dalam satu malam. Kenapa para tokoh nggak meminta bantuan kepada penduduk sekitar? Kenapa para tokoh memilih untuk bertahan tanpa makan dan minum. Beberapa pertanyaan senada seperti itu seperti terabaikan demi kepentingan suspensi yang memang luar biasa.

Penokohan

Jangan salah sangka, walaupun Sebelum Iblis Menjemput membawa aktris cantik seperti Chelsea Islan ataupun si manis dan seksi Pevita Pearce, film ini nggak dikemas seperti film horor era 2010-2012 yang mengeksplorasi kesintalan tubuh pemerannya. Disini, Chelsea Islan ataupun Pevita Pearce yang biasanya berperan manis manja di film-film drama, dieksplorasi lebih jauh dari sisi mengolah peran. Jadi, jangan harap mereka berdua akan tampil cantik di film ini.

Meskipun pada awalnya Pevita Pearce terlihat kikuk, tetapi itu terbayar di akhir cerita yang membuat seolah-olah Pevita Pearce seperti kerasukan. Beda Pevita, beda Chelsea. Dari awal, Chelsea Islan terlihat lebih luwes dalam genre horor yang pertama kali ia mainkan. Namun walaupun begitu, Geeqy merasa Karina Suwandi lah yang membuat panggung Sebelum Iblis Menjemput.

Lewat peran yang sebenarnya tergolong sedikit, Karina mendapat spotlight saat membawakan karakter Laksmi. Mulai dari tutur, gerak, sampai pergantian emosi di tiap scene, Karina begitu larut dalam diri Laksmi. Pada sosok Laksmi, nggak ada sedikitpun persona Karina yang tersisa.

Teknis ala Hollywood

Sebuah hal yang menyenangkan mengetahui film di Indonesia, khususnya film horor di Indonesia semakin menanjak kualitasnya. Film ini memiliki Mise-en-scene yang hampir sempurna, baik itu dari eksplorasi angle, warna grading, sampai pengelolaan sinematografi secara keseluruhan. Sangat disayangkan, beberapa efek CGI seperti jatuh dari atas gedung sampai bulan, masih terlihat begitu kasar. Padahal kalau nggak terlalu mengandalkan efek visual, jalan cerita nggak akan terpengaruh.

Selain itu, pada penggambaran luka-luka yang diderita Lesmana, terlihat seperti sinema religius yang mewarnai layar kaca beberapa tahun lalu, terlihat masih terlihat seperti tambalan-tambalan yang nggak natural.

Yang menarik, adalah penata suara dari Sebelum Iblis Menjemput, yaitu Fajar Yuskemal. Beliau ini adalah scorer film-film berkelas seperti Merantau ataupun The Raid. Jadi jangan heran kalau scoring Sebelum Iblis Menjemput bisa membawa kita larut ke dalam suasana horor yang mencekam. Karena scoring dari Fajar Yuskemal pula, suspensi film ini semakin tinggi. Jangan salah paham, suspensi disini bukan seperti volume yang tiba-tiba naik drastis begitu hantu ditampilkan seperti ciri khas jump scare, tetapi lebih kepada elemen pendukung yang mendengarnya saja udah bikin merinding dan bikin perasaan nggak nyaman.

Overall, film ini sangat Geeqy rekomendasikan untuk lo yang mau membuktikan seberapa baik kualitas film di Indonesia sekarang ini. Walaupun secara jalan cerita ada beberapa yang mengganjal, tetapi itu nggak mengganggu maksud dari film ini secara keseluruhan. Cuma peringatan aja, hati-hati selesai nonton jadi kebawa mimpi.

8.5

Nilai Keseluruhan
Scenario
7.0
Visual
9.0
Character
9.0
Director
9.0
Otomotif

Viral! Video Pemukulan Polisi Gara-gara Gak Terima Ditilang! Hoax?

Arya Despratama | 2 jam yang lalu
Viral! Video Pemukulan Polisi Gara-gara Gak Terima Ditilang! Hoax?

Bukan lagi unboxing motor, cowok ini katanya sampai mukulin polisi karena mau ditilang. Waduh, bener gak nih?

Geeq.id, Jakarta - Beberapa waktu yang lalu sempet viral video dimana ada seorang cowok yang pretelin motornya gara-gara ngga terima ditilang sama Polisi. Video ini ramai diperbincangkan oleh netizen dan orang-orang pada menyebut video ini sebagai video ‘Unboxing Motor’. Nah, sekarang ada video baru yang nunjukkin ada orang yang tidak terima ditilang sama polisi.

Ada sebuah video yang beredar dimana ada seorang cowok yang terduduk lemas di depan sebuah motor dan dikurumunin oleh beberapa Polisi. Usut punya usut, ternyata cowok ini ngga terima karena mau ditilang oleh Polisi.

Dari informasi yang beredar, pengendara ini ternyata ditilang karena melanggar tata tertib lalu lintas dimana dia berhenti di depan garis pemberhentian alias di zebra cross ketika sedang lampu merah. Parahnya, ketika mau ditilang dan tidak terima ditilang, dia malah memukul salah satu Polisi yang ingin menilangnya.

Namun, Kasatlantas Polresta Banjarmasin turun memberika klarifikasi terhadap beredarnya berita ini. Disebutkan ternyata tidak ada pemukulan terhadap pihak kepolisian dari sang pria pengendara motor. Saat ditilang, si pria tersebut hanya panik dan ngga mampu menguasai diri, makanya dilakukan pengamanan oleh Polisi setempat.

Makanya Geeqs, jangan gampang kemakan berita hoax dulu sebelum ada klarifikasi lebih lanjut dari pihak yang bersangkutan ya. Kan kasian orangnya yang udah dihujat-hujat, eh tapi ternyata ngga salah apa-apa.

Subscribe to our newsletter

CONNECT WITH US

Otomotif

Wah, Mobil Kijang Ternyata Ada Singkatannya!

Arya Despratama | 2 jam yang lalu
Wah, Mobil Kijang Ternyata Ada Singkatannya!

Selama ini lo pasti mengira nama mobil kijang diambil dari nama binatang. Padahal, nama salah satu mobil paling populer di Indonesia ini punya akronim alias singkatannya sendiri, lho. Mau tau singkatannya? Kasih tau gak ya...

Geeq.id, Jakarta – Siapa yang gak tau mobil kijang yang diproduksi Toyota? Hampir semua orang Indonesia familiar dengan mobil legendaris ini. Mobil yang mulai populer sejak tahun 1980-an ini ternyata menyimpan makna di balik namanya, lho.

Yup, mobil yang punya kandungan lokal tinggi ini ternyata ada akronim alias kepanjangan namanya. Kijang pada nama mobil ini gak cuma sembarangan diartikan sebagai hewan yang lincah, tapi juga akronim dari "kerja sama Indonesia Jepang".

Nama ini dipilih sama Wakil Presiden Indonesia saat ini, Jusuf Kalla, pada tahun 70-an. Mengutip dari GNFI, Kalla ngasih nama tersebut sewaktu ikut perkumpulan distributor utama Toyota dari seluruh Indonesia.

Nah, siapa nih yang baru tau singkatan Kijang ini, Geeqs?

Film & TV

War Machine Bakal Punya Hulkbuster di Avengers: End Game?

Arya Despratama | 2 jam yang lalu
War Machine Bakal Punya Hulkbuster di Avengers: End Game?

Memanfaatkan momen Avengers: End Game, LEGO turut meluncurkan mainan yang bakal jadi senjata baru di film puncak Marvel Cinematic Universe ini, Geeqs. Kebet penampakannya di bawah sini nih.

Geeq.id, Jakarta – Berbagai bocoran seputar Avengers: End Game mencuat di dunia maya jelang penayangannya. Bahkan, LEGO juga ikut membocorkan film keempat Avengers tersebut, dengan meluncurkan mainan Hulkbuster versi War Machine.

Dilansir dari linimasa, mainan ini tersedia dalam satu set yang terdiri dari motor Captain America dan pejawat jet Avengers yang dinamakan Super Quinjet. Munculnya LEGO tersebut tentu menimbulkan spekulasi kalo James Rhodes alias War Machine bakal memiliki senjata baru berupa Hulkbuster seperti milik Iron Man.

Bocoran ini sekaligus menjawab cuplikan Avengers: End Game yang menampilkan Steve Rogers dan Black Widow berada dalam pesawat jet. Kalo benar mereka akan menggunakan Quinjet yang baru, itu bakal bikin para Avengers terlihat makin keren, karena desain pesawat ini tampak lebih elegan dengan warna biru dan logo Avengers di sisi kirinya.

Bisa jadi apa yang dibocorkan LEGO ini akan muncul di trailer final Avengers: End Game, Geeqs. Kabarnya, teaser anyarnya bakal ditayangkan saat malam penghargaan Oscar pada 24 Februari 2019 nanti.

Avengers: End Game akan ditayangkan di Amerika Serikat pada 26 April 2019. Gimana menurut lo penampakan LEGO Hulkbuster versi War Machine ini, Geeqs?

Film & TV

Wah, Muten Roshi Ada di Dunia Nyata, Lho!

Arya Despratama | 2 jam yang lalu
Wah, Muten Roshi Ada di Dunia Nyata, Lho!

Salah satu karakter ikonis di manga atau anime Dragon Ball adalah Jin Kura-kura atau Master Roshi. Nah, ternyata di dunia nyata ada kakek-kakek yang mirip sama Master Roshi ini, lho. Siapakah dia?

Geeq.id, Jakarta - Buat lo penggemar manga atau anime Dragon Ball, pasti tahu dong seorang kakek ahli silat yang merupakan guru dari Son Goku? Yup, dia adalah Kamesennin Master Roshi atau biasa dikenal jin kura-kura di Indonesia.

Nah, ternyata wujud dari kakek-kakek mesum ini gak cuma ada di anime Dragon Ball, lho. Di dunia nyata ada kakek-kakek yang mirip banget sama Master Roshi ini. Dia adalah Nhon Ly, seorang Vietnam berumur 55 tahun yang tinggal di San Diego, California, Amerika Serikat.

Mirip Master Roshi, Kakek Ly punya kepala plontos dan jenggot putih. Badannya pun kekar banget mirip Master Roshi dalam mode bertempur. Namun, yang membedakan adalah Kakek Ly ini master di bidang bodybuilding, bukan beladiri, Geeqs

Kakek beranak tiga ini merupakan anggota dari Internasional Federation of BodyBuilding and Fitness (IFBB) Profesional League atau federasi fitnes dan bodybuilding internasional. Selama kariernya, dia juga berprestasi di Amerika Serikat dan pernah menempati posisi ke-4 di US Championship 2011 dalam kategori lightweight.

Kakek Ly juga punya instagram yang diikuti sampai hampir 40 ribu followers. Bahkan, kebanyakan pengikutnya mengamini kemiripannya dengan Master Roshi, Geeqs.

Nah, kalo menurut lo kakek Ly ini mirip gak sama Muten Roshi?

Sainstek

Hoaks! Selama 350 Tahun Fosil Ini Dikira Unicorn

Arya Despratama | 2 jam yang lalu
Hoaks! Selama 350 Tahun Fosil Ini Dikira Unicorn

Kebayang gak kalo ditipu selama ratusan tahun? Inilah yang dialami warga Jerman yang yakin betul kalo fosil hewan bertanduk di museum mereka adalah unicorn. Padahal, faktanya sih jauh banget, Geeqs.

Geeq.id, Jakarta - Sebuah museum di Jerman yang bernama Museum Sejarah Alam Magdeburg memajang kerangka hewan bertanduk. Selama 350 tahun, warga jerman yakin betul bahwa fosil tersebut merupakan fosil unicorn. Unicorn sendiri merupakan kuda bertanduk, yang biasanya muncul dalam dongeng-dongeng.

Keyakinan warga jerman selama 350 tahun soal kerangka unicorn akhirnya runtuh. Sebab, fosil hewan bertanduk yang selama ini mereka kira unicorn, sebenarnya adalah badak berbulu. Dikutip dari IFL Science, spesies tersebut udah punah dan hidup di sebagian besar Eurasia sampai akhir Zaman Es terakhir.

Tapi kok bisa-bisanya ya orang-orang Jerman percaya kalo itu unicorn? Yah, kalo kembali ke Jerman di abad-17, semua orang bakal mengamini bahwa tulang-tulang itu adalah unicorn. Keyakinan ini juga bakal dicetuskan para cendekiawan di masa itu, lho.

Masih dikutip dari IFL Sciene, perkara tulang uncorn ini jadi heboh sejak penemuannya pertama kali di sebuah gua di pegunungan dekat kota Quedlinburg, Jerman tahun 1663. Seorang ilmuwan Prusia, Otto von Geuricke tertarik banget sama temuan itu. Kemudian ia menyimpulkan, fosil tersebut emang unicorn.

Laporan soal fosil berakhir dengan sebuah ilustrasi dari sebuah buku yang ditulis Gottfried Leibniz, seorang cendekiawan terkenal Jerman. Nah, parahnya, tulisan yang berdasarkan tulang gak lengkap itu kemudian dijadikan petunjuk oleh para ahli.

Dalam artikel yang dimuat di jurnal Nature, Leibniz menyimpulkan bahwa tulang aneh itu adalah milik unicorn. "Tanduk, kepala, beberapa tulang rusuk, tulang belakang, dibawa ke tempat kepala biara," tulisnya dalam buku sejarah geologi dan alam Protogaea (1690-1691).

Begitulah asal mula hoaks yang berlangsung selama 350 tahun. Saking lamanya bisa aja masuk rekor MURI nih.

Tekno

Tega! Gara-gara PUBG, Pria Ini Tinggalkan Istrinya

Arya Despratama | 2 jam yang lalu
Tega! Gara-gara PUBG, Pria Ini Tinggalkan Istrinya

Efek bermain game emang macam-macam, Geeqs. Salah satu yang terbaru ternyata bisa bikin seorang pria meninggalkan istri dan anak-anaknya, lho. Wah, kok bisa ya? Simak deh kronologisnya di bawah sini.

Geeq.id, Jakarta – Demam game PlayerUnknown’s Batllegrounds emang meraja rela banget di berbagai kalangan. Bahkan, sampai membuat seorang pria di Malaysia tega meninggalkan istrinya yang tengah hamil, Geeqs.

Dilansir dari World of Buzz, kejadian ini diceritakan sang istri lewat Facebook-nya. Ia mengatakan suaminya kabur dari rumah meninggalkan dirinya yang baru hamil empat bulan, dan anaknya yang berusia tiga tahun.

Begitu mengenal PUBG lewat saudaranya, lama-lama sang suami menjadi ketagihan bermain game bergenre battle royale ini. Dari situ lah hubungan keduanya mulai dilanda pertengkaran lantaran si suami kerap begadang buat main PUBG, hingga susah bangun pagi. Hal ini membuat pekerjaan dan bisnisnya jadi terbengkalai, Geeqs.

Begitu diingatkan, pria ini justru malah menyebut istrinya nusyuz, istilah untuk seorang istri yang gak mendukung suaminya. Imbasnya, sang suami akhirnya kabur dari rumah dan belum kembali sampai sekarang.

Kejadian ini pun menjadi viral di dunia maya, Geeqs. Lewat postingannya di Facebook, sang istri pun berharap suaminya cepat sadar dan segera pulang. Ia menuliskan,

“Sudah sebulan sejak dia meninggalkan kami. Kami sekarang tidak punya pilihan selain berdikari melalui kesulitan apa pun yang mungkin datang. Sebelum dia mulai bermain PUBG, kepribadiannya jauh lebih bisa ditoleransi. Namun, situasinya berangsur-angsur bertambah buruk sejak pertama kali mulai bermain game empat tahun lalu. Tolong doakan dia akan kembali ke keluarga kami."

Nah, buat para pemain PUBG, jangan sampai game bikin lo jadi orang yang gak bertanggung jawab ya, Geeqs!

Film & TV

Superman Bakal Jadi Cameo di Film Shazam?

Arya Despratama | 2 jam yang lalu
Superman Bakal Jadi Cameo di Film Shazam?

Salah satu superhero DC dikabarkan bakal tampil sebagai cameo di film Shazam nih. Penasaran sama adegan kemunculannya? Simak di bawah sini, yuk!

Geeq.id, Jakarta – Usai Aquaman, DC siap merilis film Shazam yang menampilkan Zachary Levi sebagai karakter utamanya. Nah, menurut rumor terbarunya nih, kabarnya Superman bakal tampil sebagai cameo di film ini, Geeqs. Wah, Henry Cavill bukan ya?

Dilansir dari Geektyrant yang mengutip We Got This Covered, Superman akan tampil dalam film garapan sutradara David F. Sandberg ini. Namun, karena Cavill belum memungkinkan untuk kembali ke studio, jadi karakter manusia super ini bakal diperankan oleh stuntman, Geeqs.

Menurut sumbernya, Man of Steel gak akan muncul untuk membantu Shazam melawan musuhnya. Tapi, lebih ke adegan humornya saat Freddy Freeman (Jack Dylan Grazer) meminta Billy Batson (Asher Angel) ke sekolahnya dengan tampilan Shazam untuk membuktikan kepada teman-temannya kalo dia kenal dengan sang superhero.

Di adegan terakhir, Shazam akhirnya muncul dan mengatakan kalo ia membawa supehero lainnya. Di sini lah, Superman masuk ke dalam ruangan tanpa disorot wajahnya, Geeqs.  Shazam akan dirilis di Amerika Serikat pada 5 April 2019.

Wah, semoga kabar Cavill belum siap tampil sebagai cameo dalam film ini cuma rumor ya buat bikin surprise para penonton, Geeqs.

Sainstek

Percaya Unicorn? Ini Awal Mula Mitosnya

Arya Despratama | 2 jam yang lalu
Percaya Unicorn? Ini Awal Mula Mitosnya

Sebelum unicorn jadi terkenal kayak sekarang, orang-orang inilah yang lebih dulu mempopulerkannya. Ada yang bikin fabel, ada yang nambahin bumbu, ada pula yang mengangkatnya jadi isu debat capres. Tapi, asal mula kisahnya bisa kamu temukan di bawah sini.

Geeq.id, Jakarta - Unicorn lagi ramai diperbincangkan warganet maupun warga kompleks. Hal ini dikarenakan calon presiden Prabowo Subianto salah mengartikan unicorn saat ditanya lawannya, Joko Widodo, saat debat capres. Namun sebelum itu, unicorn udah lebih dulu jadi perbincangan. Gara-garanya temuan fosil unicorn oleh para peneliti.

Unicorn sendiri merupakan kuda bertanduk yang populer dalam dunia fiksi. Sosoknya yang kerap diceritakan dalam dongeng atau animasi bikin unicorn jadi salah satu hewan tersohor di dunia. Lalu dari mana awal mula mitos unicorn beredar?

Nah, menurut Dorothy Ann Bray, pakar mitologi dari McGill University, Kanada, dalam jurnal American Journal of Applied Sciences, cerita unicorn muncul dari cerita masyarakat. Ia menuliskan,

"Juga, interpretasi yang salah dari badak bercula."

Lebih lanjut Bray menjelaskan, legenda unicorn pertama kali muncul dari sebuah buku dongeng tentang hewan-hewan anonim berjudul Physiologus. Buku dari abad ke-2 yang dikompilasi di Alexandria, Mesir, tersebut memuat deskripsi soal unicorn.

Lalu orang-orang abad pertengahan meminjam fabel tersebut dan menjadikannya sebagai mitos. Nah, sama pengarang-pengarang kisah Bestiary (fabel tentang hewan monster) abad pertengahan, makna unicorn dibikin luas lagi menjadi simbol kristus dan kemurnian. Bray menambahkan,

"Orang-orang abad pertengahan berpikir hanya seorang perawan yang bisa menjinakkan unicorn."

Selain itu, orang abad pertengahan percaya, cula unicorn bisa menetralkan racun dan menyembuhkan segala macam penyakit.

Wah, kalo lo percaya sama mitos unicorn yang mana, Geeqs?